• 03.jpg

travel agency template header

Hari iniHari ini46
KemarinKemarin843
Minggu iniMinggu ini889
Bulan iniBulan ini22773
TotalTotal3054794
IP Address : 3.215.182.81
DEBUG
Time:[0.02669095993042sec]

**Kami memiliki **25 tamu** dan **tidak ada anggota** online**

mini slideshow 5.jpg

Wafat Isa Almasih 10.4.2020 08:00 10 Hari

ODP Turun, Dinkes Instruksikan Petugas Medis Terus Monitor 80 ODP

Kamis, 26 Maret 2020

Sungai Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini dengan berbagai langkah percepatan yang dilakukan tenaga medis yang tersebar di 20 Puskesmas, 129 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan 72 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten termuda di Kalbar itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, dalam menghadapi COVID-19 ini, Pemerintah Daerah sudah mengambil langkah-langkah dan kebijakan diantaranya setiap tenaga medis yang ada di seluruh Puskesmas untuk dapat membedakan antara pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan pasien umum dan petugas medis di lapangan sudah diberikan dan menggunakan Alat Perlindung Diri (APD) yang standart serta untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH sudah mengeluarkan regulasi dan menginstruksikan semua warung kopi, cafe dan rumah makan ditutup yang sudah dilakukan sejak hari Rabu (25/3/2020) kemarin.

“Langkah selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tentunya melakukan berbagai persiapan lebih lanjut bagi masyarakat ramai dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi COVID-19 ini. Alhamdulillah, Berdasarkan data yang kita miliki, sejak Rabu kemarin jumlah ODP di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 126 orang dan jumlah ini tidak mengalami peningkatan. Yang mana dari 126 ODP ini 46 orang lainnya sudah dinyatakan bebas dari daftar ODP karena sudah dilakukan pemantauan selama 14 hari dari petugas kesehatan kita. Sehingga ke 46 orang ini tidak kita lanjutkan untuk pengambilan suspeknya atau ditingkatkan dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya H. Marijan, M.Kes, saat dihubungi RRI via telfon dalam Dialog Interaktif Dinamika Khatulistiwa, Kamis (26/3/2020).

Marijan menjelaskan, sampai saat ini, masih terdapat 80 orang yang masuk dalam daftar ODP. Untuk pengambilan suspek ini ada dua suspek, namun sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan hasil dari PDP yang sudah diambil suspeknya. Untuk menetapkan seseorang yang masuk dalam daftar ODP ini, tentunya mereka yang baru datang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan lain sebagainya.

“Sebelum warga yang datang ke luar negeri itu melaporakan kedatangannya, pihaknya sudah memiliki data-data orang tersebut, sehingga kita bisa langsung melakukan pemantauan. Selain itu, orang yang masuk dalam daftar ODP ini juga bisa kita lakukan kepada orang-orang yang pernah kontak langsung dengan warga yang baru datang dari luar negeri, baik itu tetangganya maupun keluarganya yang satu tempat tinggal dengan warga tersebut. Untuk itu kita selalu berikan edukasi dan meminta kepada warga yang masuk dalam daftar ODP ini untuk mengisolasi dirinya secara mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing,” ucapnya.

Marijan memaparkan, selama warga itu mengisolasi dirinya selama 14 hari di rumah masing-masing, petugas Puskesmas yang ada di wilayah warga tersebut melakukan pemantauan secara continue. Jika terdapat peningkatan sampai pada PDP, pihaknya akan melakukan langkah-langkah percepatan medis bagi pasien tersebut.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada warga Kubu Raya yang masuk dalam daftar PDP maupun positif COVID-19. Karena sesuai dengan kebijakan bapak Bupati Muda Mahendrawan, mulai dari RT, RW, Dusun, Desa dan Camat untuk berperan aktif dalam pencegahan penyebaran virus ini untuk melaporkan sesegera mungkin melaporkan ke Puskesmas terdekat jika ada warganya yang baru datang dari luar negeri maupun memiliki gejala-gejala COVID-19,” katanya.

=========================

SUMBER

??PLG_DEBUG_TITLE??

??PLG_DEBUG_SESSION??

**Informasi Profil**

**Memori Digunakan**

??PLG_DEBUG_QUERIES??

**Galat memilah berkas bahasa**

**Berkas Bahasa Termuat**

**String tidak diterjemahkan**