• 03.jpg

travel agency template header

Hari iniHari ini47
KemarinKemarin843
Minggu iniMinggu ini890
Bulan iniBulan ini22774
TotalTotal3054795
IP Address : 3.215.182.81
DEBUG
Time:[0.015846014022827sec]

**Kami memiliki **30 tamu** dan **tidak ada anggota** online**

mini slideshow 1.jpg

Wafat Isa Almasih 10.4.2020 08:00 10 Hari

Bupati Apresiasi QRIS untuk UMKM

Senin, 16 Maret 2020

Sungai Raya - Bupati Muda Mahendrawan bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini membuka kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 dan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Transmart Studio Kubu Raya, Jumat (13/3/2020).

Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) atau Standar Kode Respons Cepat adalah metode pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, atau mobile banking. Tujuannya mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dan memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bupati Muda mengapresiasi peluncuran QRIS khususnya bagi para pelaku UMKM. Ia menyebut QRIS adalah sebuah peluang baik yang harus ditangkap pelaku UMKM di Kubu Raya.

“QRIS ini akan membuat semangat UMKM terutama kalangan anak-anak muda. Pastinya ini guna mendukung percepatan akses perekonomian dan ini sejalan dengan apa yang telah dicanangkan di Kabupaten Kubu Raya melalui gerakan nontunai,” tuturnya.

Muda memastikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan terus menyosialisasikan QRIS. Ia menyatakan pemerintah daerah akan mendorong termasuk di gerai-gerai UMKM di Kubu Raya.

“Kami terus dorong, bahkan di gerai-gerai UMKM Kubu Raya kami akan kampanyekan penggunaan QRIS ini. Karena ini peluang yang baik dan menjadikan UMKM lebih profesional,” sebutnya.

Menurutnya, kehadiran QRIS membawa semangat baru di dalam pergerakan perekonomian daerah. Karena memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM dalam bertransaksi melalui satu sistem.

“Ini tidak akan merepotkan, justru memudahkan dan lebih fleksibel. QRIS  dapat digunakan semua aplikasi. Sekaligus memperluas jaringan guna pengenalan produk dan sebagainya agar lebih luas serta cepat,” terangnya.

Ia menambahkan, munculnya QRIS akan memacu semangat para pelaku usaha khususnya dari kalangan generasi muda. Sehingga diharapkan desa-desa semakin terpacu untuk menjadi sentra penghasil berbagai produk masyarakat yang bernilai ekonomis.

“Ini akan menjadi lebih luas lagi untuk dikembangkan. Produk UMK bisa jadi oleh-oleh, kuliner, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Agus Chusaini, menyatakan hadirnya QRIS di tengah para pelaku UMKM dapat memberikan akses lebih baik dalam menjalankan roda usahanya. Dengan dukungan QRIS, volume usaha dan perdagangan dapat meningkat.

“Melalui QRIS ini, karena pencatatan nontunai, profil dari UMKM tercatat secara sistem dan lembaga keuangan,”  jelasnya.

Selain itu, saat UMKM membutuhkan pembiayaan, lembaga keuangan akan lebih mudah memastikan profil UMKM tersebut. Sehingga akan memudahkan pelaku usaha.

“Bersama lembaga keuangan akan lebih terjamin proses keuangannya,” katanya.

Agus mengatakan QRIS merupakan satu di antara tambahan dalam sistem pembayaran. Dengan menggunakan QRIS, setiap transaksi dapat tercatat dan dikontrol dengan baik.

“Penggunaan QRIS juga bisa terhindar dari penggunaan uang palsu dan akan meningkatkan pendapatan,” tambahnya.

Agus menyatakan sosialisasi QRIS akan terus digencarkan Bank Indonesia di seluruh Indonesia. Karena itu, ia mengajak seluruh pelaku UMKM untuk menggunakan QRIS.

“Sehingga memudahkan akses dan pencatatan transaksi keuangan lebih tertata dengan baik serta transparan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, QRIS melibatkan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan memiliki 27 rekanan. Baik dari perbankan maupun non-perbankan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan memindai kode (barcode) yang dimiliki merchant atau pedagang saat melakukan transaksi pembayaran. Secara otomatis transaksi pembayaran langsung masuk ke akun atau rekening milik merchant.

“Tentunya ini sangat efisien dan membantu masyarakat dalam bertransaksi nontunai. Dan kami jamin dari sisi keamanan QRIS ini,” tegasnya.

=========================

SUMBER

??PLG_DEBUG_TITLE??

??PLG_DEBUG_SESSION??

**Informasi Profil**

**Memori Digunakan**

??PLG_DEBUG_QUERIES??

**Galat memilah berkas bahasa**

**Berkas Bahasa Termuat**

**String tidak diterjemahkan**