• 03.jpg

travel agency template header

Hari iniHari ini37
KemarinKemarin843
Minggu iniMinggu ini880
Bulan iniBulan ini22764
TotalTotal3054785
IP Address : 3.215.182.81
DEBUG
Time:[0.014620065689087sec]

**Kami memiliki **30 tamu** dan **tidak ada anggota** online**

mini slideshow 1.jpg

Wafat Isa Almasih 10.4.2020 08:00 10 Hari

Kubu Raya Kabupaten Pertama Cairkan Dana Desa di Kalbar Tahun 2020

Selasa, 11 Februari 2020

Sungai Raya - Kabupaten Kubu Raya menjadi kabupaten pertama yang mencairkan dana desa di Kalbar tahun 2020. Adapun total dana desa yang dialokasikan untuk kabupaten berjargon Menanjak ini Rp 134 miliar. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kubu Raya, Gunawan Putra mengatakan saat ini Kabupaten Kubu Raya sudah mencairkan anggaran untuk 11 desa.

“Kita ini yang pertama menyerap dana desa di Kalbar. Ini tadi diinformasikan dari pihak KPPN Pontianak. Kemudian, nanti akan disusul dengan enam desa lainnya,” ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin (10/2/2020).

Menurutnya, percepatan Kubu Raya dalam menyerap anggaran dana desa tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, melalui Bupati Kubu Raya serta pihak lainnya dalam hal regulasi.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, kemudian Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penggunaan Alokasi Dana Desa. Selanjutnya, aturan nomor 27 tahun 2019 terkait sistem pembayaran non tunai dan Keputusan Bupati Nomor 144/DSPM/2019, yakni pokja percepatan anggaran untuk desa.

“Bapak bupati mengevaluasi berbagai macam peraturan bupati tentang alokasi dana desa ini. Selain itu, juga membentuk tim percepatan, yakni Kelompok Kerja (Pokja) diketuai sekretaris daerah serta pihak-pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Gunawan pun membeberkan, tahun ini pagu dana desa dapat tersalurkan lebih cepat dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebutkan di 2019, alokasi dana desa baru dapat dicairkan bulan April dan hanya 6 desa.

“Sedangkan Februari 2020 meningkat menjadi 11 desa dengan capaian 5,13 persen meningkat dari tahun sebelumnya 0,9 persen. Tentunya, ketika dana dapat tersalurkan lebih awal maka desa dapat bergerak lebih cepat,” imbuhnya.

Terkait total alokasi dana desa di Februari ini, dana yang telah tersalurkan di tahap adalah Rp 4,5 miliyar untuk 11 desa.

“Kemudian minggu depan akan kita salurkan kembali 2,3 miliyar. Sehingga total di bulan Februari ini sebesar 6,9 miliyar,” terangnya.

Gunawan menerangkan, percepatan dana desa tentunya sangat berdampak terhadap desa. Bahkan mendorong perekonomian desa lebih cepat. Masyarakat setempat pun juga cepat merasakan pelayanan publik.

“Untuk aparat desa akan lebih cepat dalam bekerja dan meningkatkan kinerja mereka. Serta program kerja akan lebih baik, karena dikerjakan diawal waktu,” terangnya.

Selanjutnya, Gunawan menargetkan tahap 1 pencairan dana desa untuk 117 desa Kabupaten Kubu Raya akan selesai di bulan April hingga Mei mendatang.

“Untuk kisaran dana masing-masing desa akan mendapat dana desa sekitar 1 miliyar lebih dari alokasi dana desa 134 miliyar di tahap 1 ini. Di bulan Juni kita akan lanjutkan alokasi dana desa tahap 2,” katanya.

Selain itu, Gunawan mengungkapkan pihaknya terus bersinergi dengan SKPD terkait guna memperkuat sistem keuangan desa melalui gerakan non tunai.

“Dengan sistem keuangan secara online ini akan mudah terpantau dan terverifikasi. Semua transaksi menggunakan non tunai dan tahun ini sudah berlaku untuk seluruh desa,” imbuhnya.

=========================

SUMBER

??PLG_DEBUG_TITLE??

??PLG_DEBUG_SESSION??

**Informasi Profil**

**Memori Digunakan**

??PLG_DEBUG_QUERIES??

**Galat memilah berkas bahasa**

**Berkas Bahasa Termuat**

**String tidak diterjemahkan**