• 02.jpg
  • 03.jpg

travel agency template header

Hari iniHari ini538
KemarinKemarin1002
Minggu iniMinggu ini4027
Bulan iniBulan ini4027
TotalTotal3099119
IP Address : 3.231.226.13
DEBUG
Time:[0.016029119491577sec]

**Kami memiliki **47 tamu** dan **satu anggota** online**

mini slideshow 1.jpg

Idul Adha 1441 H 31.7.2020 08:00 55 Hari

Bupati Muda Minta Pemilik Kebun Pertahankan Lahan

Senin, 6 Januari 2020

Sungai Raya - Besarnya potensi buah durian di Kabupaten Kubu Raya menjadikan daerah ini sebagai sentra penghasil durian di Provinsi Kalimantan Barat dan memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan untuk menarik wisata lokal maupun manca negara untuk datang dan menikmati buah durian.

Tentunya hal ini membuat Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta para pemilik kebun durian untuk mempertahankan kebunnya dari alih fungsi lahan. Permintaan itu disampaikan Muda mengingat laju alih fungsi lahan pertanian yang semakin cepat.

Langkah ini dilakukan, karena Bupati Muda khawatir daerah-daerah penghasil durian di daerah ini hanya tinggal nama jika para pemilik kebun tidak mampu mempertahankan lahannya. Terlebih, daerah penghasil durian di Kubu Raya ini berada di sejumlah Desa di Kecamatan Sungai Kakap yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Pontianak, seperti Desa Pal IX, Punggur Kecil, Punggur Besar dan Desa Kalimas.

“Makanya kita minta supaya pemilik kebun mempertahankan kebun duriannya. Sebab kita ini dekat dengan kota. Pal IX, Punggur, Kalimas dan area-area yang ada duriannya itu kan dekat kota semua. Rentan itu kalau nanti jalannya sudah makin lebar, sudah bisa tembus ke mana-mana, khawatir sedikit-sedikit terlalu laju perubahan fungsi lahannya,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H saat menghadiri Pesta Makan Durian bersama ratusan Anak Yatim dan Duafa di halaman Kantor Camat Sungai Kakap, Minggu (5/1/2020) siang.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Kubu Raya ini, bahwa kebun durian merupakan satu diantara potensi wisata bagi Kabupaten Kubu Raya. Jika pemilik kebun piawai melakukan pengelolaan, kebun durian bisa disulap jadi objek agrowisata, dengan menghadirkan wisata petik buah dan makan durian langsung di kebunnya.

“Durian ini merupakan potensi dan aset bagi Kubu Raya. Potensi wisata agro dan wisata hortikultura. Makanya perlu dijaga dan mudah-mudahan bisa terawat agar wisatanya bisa maju dan dapat mengurangi kemiskinan,” tuturnya..

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya serius dalam menahan laju alih fungsi lahan pertanian, khususnya durian. Upaya yang akan dilakukan ialah menyempurnakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar para pemilik kebun durian tidak bisa sembarangan menjual lahannya.

“Tentu kita berharap agar lahan-lahan kebun durian bisa dipertahankan. Bahkan kalau bisa diperluas. Nah, ke depan, kan ada tata ruang wilayah. Tata ruang tentang pemetaan wilayah. Nanti akan kita tetapkan mana daerah industri, mana daerah hortikultura, mana daerah pergudangan dan lain-lain itu akan kita petakan,” ungkap Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E.

Sujiwo mengapresiasi kepada sejumlah komunitas yang berkolaborasi menyelenggarakan pesta makan durian bersama ribuan anak yatim dan duafah. Karena menurutnya, Kegiatan ini mengandung pesan moral bahwasanya anak-anak yatim dan duafa sangat membutuhkan kehadiran Pemerintah daerah di tengah-tengah mereka.

“Adapun yang berkaitan dengan buah durian, kedepannya saya bersama bapak Bupati tentunya menaruh komitmen tinggi terhadap pengembangannya. Apalagi durian asal Kubu Raya ini khususnya di Desa Punggur dan Desa Pal IX merupakan jenis durian unggulan karena rasanya yang lebih nendang dan dagingnya lebih tebal,” jelasnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 wiba ini juga di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, S.Sos, M.Si, Katua TP PKK Hj. Rosalina Muda Mahendrawan dan Camat Sungai Kakap Rusdety serta puluhan pemilik kebun Durian.

=========================

SUMBER

??PLG_DEBUG_TITLE??

??PLG_DEBUG_SESSION??

**Informasi Profil**

**Memori Digunakan**

??PLG_DEBUG_QUERIES??

**Galat memilah berkas bahasa**

**Berkas Bahasa Termuat**

**String tidak diterjemahkan**