Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili 25.1.2020 08:00

Wabup Pekalongan Puji Investasi di Kubu Raya

Senin, 9 Desember 2019

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Pekalongan Jawa Tengah, Arini Harimurti, Jumat lalu (6/12/2019).

Wakil Bupati Arini yang hadir bersama Ketua DPRD Pekalongan diterima Bupati Muda didampingi Wakil Bupati Sujiwo di Kantor Bupati Kubu Raya. Arini mengatakan, kedatangan pihaknya bertujuan menjalin silaturahmi sekaligus memperoleh sejumlah informasi terkait investasi daerah. Dirinya menilai sebagai kabupaten baru, Kubu Raya terbilang sukses dalam menarik minat investor.

“Kami mendengar Kubu Raya ini perkembangannya sangat luar biasa. Bahkan banyak sekali investor yang mau mempercayakan uangnya ada di Kubu Raya. Nah, ini kan sangat menarik. Oleh karena itu saya mengajak Ketua DPRD dan sejumlah kepala dinas serta pejabat untuk belajar ke sini. Pekalongan ini umurnya sudah 397 tahun, sedangkan Kabupaten Kubu Raya baru 12 tahun,” tuturnya.

Arini mengaku berharap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mau berbagi informasi terkait program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Termasuk regulasi-regulasi yang dikeluarkan. Dengan begitu pihaknya bersama DPRD Pekalongan dapat melakukan kajian untuk kemudian menerapkannya di Pekalongan.

“Apa sih kamusnya, resepnya, kok bisa mereka (investor) gampang banget mempercayakan uangnya untuk ditanamkan di sini. Kira-kira apa yang mempengaruhi dan barangkali ada regulasi yang membuat investor senang berada di sini. Nah, nanti akan kami rembuk kalau itu ada regulasi yang harus kami tempuh. Nanti bersama Dewan ayo kita sama-sama studi tiru apa yang sudah dilakukan di Kubu Raya,” ujarnya.

Arini menambahkan, kehadiran pihaknya juga bertujuan menjajaki peluang kerja sama antardua daerah. Mengingat kedua daerah sama-sama memiliki potensi khusus. Di mana Pekalongan dikenal sebagai daerah produsen batik yang telah berskala ekspor.

“Jadi barangkali nanti ada kerja sama di antara kita, apakah mungkin tenaga dari tempat kami untuk nanti dari Kubu Raya ingin membatik. Atau mungkin kerja sama yang lainnya. Bagaimana kita memanfaatkan potensi-potensi di antara kedua daerah sehingga menjadi suatu kerja sama yang baik,” harapnya.

Bupati Muda Mahendrawan mengapresiasi kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Pekalongan ke Kabupaten Kubu Raya. Menurutnya, pertemuan antarkepala daerah menjadi ajang diskusi untuk saling melengkapi dan membuka peluang bersama.

“Karena memang dengan pertemuan begini kita tinggal melihat bersama mana celah-celah peluang yang bisa sama-sama dimaksimalkan,”ujarnya.

Muda menjelaskan, Kubu Raya merupakan hinterland atau daerah penyangga ibu kota provinsi. Karena itu, Kubu Raya mendapatkan peluang sebagai imbas percepatan pembangunan. Termasuk dalam hal investasi. Ia menyebut keberhasilan Kubu Raya menarik minat investor tak lepas dari komitmen pemerintah daerah dalam hal pelayanan perizinan. Hal itu, menurutnya, telah dilakukan sejak awal Kabupaten Kubu Raya terbentuk.

“Dulu waktu periode pertama Kubu Raya, fokus kita langsung pada pelayanan terpadu satu pintu. Dari dulu sudah tancap gas dalam hal ini. Perizinan berpengaruh pada investasi. Ini dampak daripada percepatan pelayanan terpadu. Di situ kita maksimalkan,” terangnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun, mengungkapkan pihaknya komit mendorong Pemerintah Kabupaten Pekalongan agar mampu mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah. Termasuk menjadikan Pekalongan sebagai daerah yang seksi di mata investor.

“Harusnya investasi yang masuk luar biasa. Tapi sampai sekarang ini kita lihat perkembangannya belum begitu menggembirakan. Oleh karena itu, kita perlu belajar ke sejumlah daerah yang berhasil,” tuturnya.

Hindun mengatakan pihaknya juga bermaksud melihat dan mengkaji sejumlah regulasi, termasuk kemudahan-kemudahan yang diberikan pemerintah daerah Kubu Raya kepada investor.

“Saya berharap Bupati Kubu Raya dengan terobosan-terobosan yang luar biasa ini bisa ditularkan kepada kami di Pekalongan,” ucapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mengatakan, meski baru berusia 12 tahun, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mampu menjalankan roda pemerintahan sebagaimana mestinya.

“Walaupun baru, kami boleh dikatakan cukup mampu mengimbangi kabupaten-kabupaten lain yang berada di Kalimantan Barat ini,” singkatnya.

=========================

SUMBER