Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 9 Hari

Bupati Muda : Guru PAUD Harus Jadi Inspirator Anak

Senin, 2 Desember 2019

Sungai Raya - Perkembangan suatu bangsa sangat ditentukan tingkat pendidikan masyarakatnya. Lewat pendidikan lah generasi cemerlang calon pemimpin bangsa akan lahir. Hal tersebut dikatakan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri kegiatan Gebyar dan Pekan Olahraga PAUD di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Minggu (1/12/2019).

“Saya berharap kepada seluruh guru maupun tutor PAUD di seluruh Kabupaten Kubu Raya agar dapat menginspirasi dan menjadi penggerak perubahan dalam memajukan pendidikan untuk generasi muda yang dimulai dari PAUD,” tuturnya.

Muda mengatakan, Gebyar dan POR PAUD bertujuan mengajak anak-anak Kubu Raya untuk beraktivitas bersama dalam nuansa kompetisi. Sebagai calon penerus bangsa,  ia menyebut anak-anak harus punya fisik yang sehat, kecerdasan, dan keceriaan.

“Untuk itu layanan PAUD berkualitas ditandai adanya lima kebutuhan esensial anak di setiap satuan pendidikan. Di antaranya kesehatan, pendidikan, intervensi gizi, perawatan dan pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan,” terangnya.

Muda menyatakan pendidikan anak sejak dini sangat penting. Agar bisa membentengi generasi bangsa dari degradasi moral akibat perkembangan teknologi. Anak-anak adalah masa depan bangsa yang harus disiapkan secara matang. Karena itu, pendidikan dan gizi yang baik akan menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas.

“Anak-anak ini adalah masa depan kita. Kita harus siapkan sejak dini pendidikan mereka, baik pendidikan formal maupun nonformal. Harus siapkan mereka menghadapi kemajuan informasi dan teknologi dengan pondasi moral dan akhlak,” tuturnya. “Jika sejak dini ditanamkan nilai-nilai kehidupan yang positif, akan terus tertanam di benak dan sanubarinya hingga ia dewasa,” tambahnya.

Muda menerangkan pendidikan anak usia dini mengajarkan anak berinteraksi. Juga menanamkan nilai-nilai positif pada karakter dan kepribadian anak. Melalui PAUD, anak belajar dengan merasakan dan menyaksikan. Karena itu, dirinya berharap di setiap desa dan dusun ada PAUD.

“Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, menyiapkan masa depan anak-anak kita. Melalui pendidikan usia dini, kita telah menyiapkan masa depan anak-anak kita untuk lebih baik. Banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa ditanamkan sejak dini untuk bekal anak-anak pada masa mendatang,” ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Lugito, mengatakan kegiatan Gebyar PAUD disandingkan dengan Pekan Olah Raga PAUD yang dilaksanakan dua hari mulai Sabtu-Minggu.

“Kegiatan Gebyar dan POR PAUD digelar karena kita ingin menggali bakat dan minat peserta didik terhadap kegiatan olahraga dan seni, menumbuhkan semangat kompetisi dan sportivitas anak sejak dini, mengembangkan bakat pendidik PAUD, dan sekaligus sarana sosialisasi berbagai program PAUD kepada masyarakat menuju PAUD Kabupaten Kubu Raya yang berkualitas,” paparnya.

Lugito menjelaskan, POR PAUD memperlombakan lima jenis lomba untuk kategori guru, yakni melukis, pesan berantai, bercerita, panca dolanan, dan Joget Pesona Kubu Raya. Sementara di kategori peserta didik terdapat tujuh jenis lomba yakni mewarnai, berceloteh, menyusun kata, lomba memindahkan bendera, kolase, pesan berantai, dan mengancing baju.

=========================

SUMBER