Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 9 Hari

Desa Sepakat Baru Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

Senin, 25 November 2019

Sungai Raya - Memperoleh suara yang sama pada pelaksanaan Pemilhan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar Sabtu (16/11/2019), membuat Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) harus menyelenggarakan pemungutan suara ulang di Desa Sepakat Baru Kecamatan Kubu untuk menentukan Kepala Desa terpilih.

Kepala Seksi (Kasi) Tata Pemerintahan Desa DSPMD Kabupaten Kubu Raya Budi Mulyono mengatakan, penyelenggaraan Pilkades ulang ini sebagai mana diatur dalam Perda 11 tahun 2019 ttg perubahan atas peraturan daerah nomor 9 tahun 2015 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa.

“Karena belum adanya Kepala Desa terpilih, maka kami terpaksa melakukan pemungutan suara ulang di Desa Sepakat Baru Kecamatan Kubu dan Alhamdulillah dengan peran Polsek Kubu dan partisipasi warga yang cukup tinggi sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan lancar,” ungkap Budi Mulyono di ruang kerjanya, Senin (25/11/2019).

Budi menuturkan, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang di Desa Sepakat Baru Kecamatan Kubu yang diikuti dua calon Kepala Desa yang meraih suara sama pada Pilkades serentak H. M. Kumari (H. Muih) menggungguli 35 suara dari Holila.

Berdasarkan pleno rekapitulasi hasi perolehan suara yang dilakukan pada Minggu (24/11/2019) sore H. Muih Kumari mengguli 35 suara dari Holila. Adapun hasil perolehan suara dari 2 Calon Kepala Desa Sepakat Baru sebagai berikut: Nomor urut 1 H. Muih memperoleh 171 suara, dan Nomor urut 2 Holila memperoleh 136 suara.

“Dengan hasil suara yang di dapat dari kedua Calon Kepala Desa ini, maka H. Muih kami tetapkan sebagai Kepala Desa Sepakat Baru terpilih priode 2020-2026,” tuturnya.

Budi menjelaskan, pesta demokrasi ini diikuti hampir seluruh jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Sepakat Baru sebanyak 369 suara ini berlangsung suka cita dan semua bergembira dalam menentukan pemimpin desanya. Kini warga sudah memiliki Kepala Desa terpilih dari hasil pemungutan suara ulang dan warga di minta untuk bersatu kembali dan mendukung program Kepala Desa terpilih.

“Adanya hasil perolehan suara ulang ini, tentunya kami meminta kepada seluruh warga Desa Sepakat Baru untuk bersatu kembali dan lupakan apa yang menjadi perbedaan selama Pilkades kemarin. Sekarang tidak ada lagi pendukung H. Muih dan tidak ada lagi pendukung Holila. Semuanya merupakan warga Desa Sepakat Baru yang siap dan akan mendukung program Kepala Desa terpilih,” harapnya.

Pelaksanaan Pilkades Desa Sepakat Baru telah berlangsung pada Pilkades serentak yang diikuti 60 Desa lainnya pada hari Sabtu tanggal 16 November lalu yang terdiri 5 Calon Kades diantaranya: Krisnandi Dwi Susanto, H. Muih, Ilham Jayadi, Ritwansyah, dan Holilah.

Pemilihan Kepala Desa ulang ini diselenggarakan hari Minggu tanggal 24 November 2019 yang juga dihadiri Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Kubu Raya, dr. Nursyam Ibrahim, M.Kes. Asisten 1 bidang Pemerintahan Setda Kubu Raya Mustafa, Kapolres Kubu Raya AKBP. Yani Permana. S.I.K, MH., Camat Kubu Rustam, serta Kapolsek Kubu. IPTU Saragih.

=========================

SUMBER