Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 9 Hari

Bosda Seragam Sekolah Gratis di SMPN 04 Sungai Raya

Kamis, 21 November 2019

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera kembali menyerahkan program Bantuan Oprasional Sekolah Daerah (Bosda) seragam sekolah gratis di 1 SMP dan 2 SD yang tersebar di Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya.

Penyerahan seragam sekolah gratis ini dilakukan langsung Ketua Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum kepada masing-masing siswa yang di dampingi Kepala Sekolah.

Adapun sekeolah yang menerima program Bosda seragam gratis dari Pemkab Kubu Raya ini diantaranya:

1. SMPN 04 Sungai Raya Desa Kapur sebanyak 192 seragam sekolah, terdiri dari 192 baju putih lengan panjang, 87 celana biru panjang, 105 rok biru panjang, 192 dasi biru dan 192 topi biru yang diterima Kepala SMPN 04 Sungai Raya Stepanus Supardi.

2. SDN 61 Sungai Raya Desa Kapur sebanyak 84 seragam sekolah, terdiri dari 45 celana merah panjang, 39 rok merah panjang, 84 topi merah dan 84 dasi merah yang diterima Kepala SDN 61 Sungai Raya Abang Hermansyah.

3. SDN 02 Sungai Raya Desa Kapur sebanyak 59 seragam sekolah, yang terdiri dari 31 celana merah panjang, 28 rok merah panjang, 59 topi merah dan 59 dasi merah yang diterima Kepala SDN 02 Sungai Raya Mustika Wati, S.Pd.

Usai menerima seragam sekolah gratis dari Pemkab Kubu Raya seorang siswi kelas 7a SMPN 04 Sungai Raya Husiah tampak senang dan bahagia sambil mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H yang memberikannya seragam sekolah gratis, sehingga dengan adanya seragam sekolah gratis dari Pemerintah Daerah ini meringankan beban orang tuanya.

“Saya sangat senang menadapatkan baju gratis, terima kasih bapak Bupati bisa memberikan baju gratis kepada saya dan bisa meringankan beban orang tua saya,” ungkap Siswi SMPN 04 Sungai Raya Husiah dengan mata berkaca-kaca usai menerima seragam sekolah gratis di sekolahnya, Rabu (20/11/2019).

Hal senada juga disampaikan Lisa, siswi kelas 7a SMPN 04 Sungai Raya lainnya yang menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H. yang telah memberikannya baju sekolah gratis kepada dirinya.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Kubu Raya yang telah memberikan saya baju sekolah dengan gratis, sehingga orang tua saya tidak perlu lagi membeli baju sekolah untuk saya,” ucap Lisa sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum mengatakan, sejak adanya program Bosda seragam sekolah gratis dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan harapan baru bagi Koperasinya yang mempekerjakan  belasan ibu-ibu rumah tangga di Daerahnya yang ikut membantu menjahit seragam sekolah gratis untuk sejumlah SDN dan SMPN di Kecamatan Sungai Raya.

“Tentunya dengan adanya program Bosda seragam sekolah gratis ini bisa memberikan peluang dan lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumah saya dan sejak digulirkannya program Bosda seragam sekolah gratis ini ibu-ibu bisa menambah perekonomian dan membantu pengahsilan suami mereka,” ungkap Ketua Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum.

Pungky mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar program ini bisa terus dijalankan demi meringankan beban orang tua siswa yang baru masuk sekolah,  sebagaimana yang disampaikan sejumlah siswa dan siswi SMPN 04 Sungai Raya tadi, mereka semua merasa senang dan bahagia bahkan tidak percaya bisa menadapatkan baju sekolah gratis dari Bupati Kubu Raya.

“Secara pribadi saya sangat mengapresiasi program Bosda yang digulirkan bapak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, karena dengan program ini banyak orang yang bisa terbantu, selain meringankan beban orang tua siswa, program Bosda seragam sekolah gratis ini juga memberikan peluang meningkatkan perekonomian keluarga, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang bekerja di Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera. Saya harapkan kepada Pemerintah Daerah agar program ini bisa terus dijalankan sampai kapanpun,” harapnya.

=========================

SUMBER