Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 9 Hari

Bupati Muda Apresiasi Peran 3 Polres Kawal Pilkades Serentak di Kubu Raya

Rabu, 20 November 2019

Sungai Raya - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang serentak dilakukan pada hari Sabtu (16/11/2019) di 60 Desa dikawal ratusan personil aparat keamanan yang terdiri dari Polresta Pontianak, Polres Mempawah dan Polres Kubu Raya. Meski Kantor Polres Kubu Raya baru diresmikan hari Selasa (19/11/2019), namun sejumlah personil sudah mulai menjalankan tugas dan menempatkan Kantor yang pernah menjadi Kantor Graha Pramuka Provinsi Kalbar itu beberapa waktu lalu.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak, ke 3 Polres inipun membagi tugasnya masing-masing, yang mana Kapolresta Pontianak AKBP Komarudin, S.Ik, MM, mendampingi Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H memantau Pilkades serentak di sejumlah Desa di Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Kakap. Sedangkan Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, S.I.K, MH mendampingi Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E memantau Pilkades di Kecamatan Rasau Jaya, Sementara Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga, S.IK, MH mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, S.Sos, M.Si memantau pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Batu Ampar.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi keterlibatan 3 Polres dalam mengawal dan membantu mensukseskan Pilkades serentak. Menurut Bupati, Pengwalan yang dilakukan 3 Polres ini, tentunya akan memberikan rasa aman bagi warga di 60 Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, pengawalan 3 Polres dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Kubu Raya, tentunya akan memberikan rasa aman bagi warga kita dan akan memudahkan pelaksanaan Pilkades yang aman dan kondusif. Bahkan pasca rekapitulasi perhitungan suara di masing-masing desa dengan pengawalan ekstra dari 3 Polres ini semuanya berjalan lancar dan aman sehingga menghasilkan Kepala Desa terpilih. Meski Polres Kubu Raya baru hari ini terbentuk, namun keterlibatan dan kontribusi Polres Kubu Raya sudah cukup membantu kami dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H usai menghadiri syukuran dan dan peresmian Mapolres Kubu Raya yang berlokasi di Gedung Graha Pramuka Provinsi Kalbar Kabupaten Kubu Raya, Selasa (19/11/2019).

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Muda mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di Polresta Pontianak, Polres Mempawah dan Polres Kubu Raya dalam membantu Pemerintah Daerah mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di 3 Polres ini, karena keterliban mereka dalam mengawal Pilkades serentak sangat membantu kami untuk kelancaran, keamanan dan kesuksesan Pilkades serentak di 60 Desa, mengingat Pilkades tahun 2019 ini merupakan yang pertama paling terbanyak diikuti hampir dari setengah jumlah Desa di Kubu Raya,” jelas Bupati Muda.

Di tempat yang sama, Plh Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, pihaknya bersama dua Polres lainnya memang sudah diinstruksikan Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH, MH untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Kubu Raya yang melaksanakan Pilkades serentak dan diikuti 60 Desa di 9 Kecamatan. Tentu pihaknya langsung bergerak sesuai dengan arahan Kapolda Kalbar.

“Dilibatkannya 3 Polres ini, secara otomatis Pilkades yang berlangsung di wilayah Kubu Raya dari 60 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak, kami turun langsung ke sejumlah Desa bersama Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Kubu Raya dan Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi aman dan kondusif,” ungkap Plh Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, S.I.K, MH usai syukuran dan peresmian Mapolres Kubu Raya.

Sebelumnya Kapolresta Pontianak AKBP Komarudin mengatakan, sudah menjadi kewajibannya untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Kubu Raya beberapa waktu lalu. Memang pada Pilkades serentak kemarin dirinya mendampingi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan untuk memantau sekaligus mengecek proses pelaksanaan Pilkades serentak di sejumlah Desa di Kecamatan Sungai Kakap.

“Keterlibatan Polri dalam Pilkades di Kubu Raya ini semanata-mata ingin memastikan pelaksanaannya berjalan aman, lancar dan kondusif tanpa adanya gesekan-gesekan yang terjadi di masyarakat. Karena Pilkades serentak inikan pesta demokrasi, tentu kita tidak menginginkan ada hal-hal yang mengganggu proses Pilkades ini dan kami siap membantu mengamankan kapanpun dan di manapun,” tegas Kapolresta Pontianak AKBP Komarudin, S.Ik, MM.



=========================

SUMBER