Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 39 Hari

Sekda : Renstra Harus Pedomani RPJMD

Rabu, 30 Oktober 2019

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Kabupaten Kubu Raya di Hotel Gardenia Kubu Raya, Selasa (29/10).

Bimtek bertujuan meningkatkan kemampuan aparatur perangkat daerah dalam menyusun rencana strategis Organisasi Perangkat Daerah.

“Melalui bimtek ini diharapkan penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah terutama renstra perangkat daerah ke depan semakin berkualitas baik,” tutur Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam saat membuka kegiatan.

Yusran mengatakan, melalui bimtek pihaknya berharap akan terwujud konsistensi perencanaan dan penganggaran. Termasuk keselarasan dengan dokumen perencanaan lainnya.

“Sehingga pada gilirannya akan terselenggara pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kubu Raya yang bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius,” ujarnya.

Yusran menjelaskan, setiap perangkat daerah harus menyusun renstra perangkat daerah dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah untuk jangka waktu lima tahun. Penyusunan dilakukan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah bersangkutan. Setelah itu wajib menerapkan dengan mencapai standar pelayanan minimum (SPM).

“Tujuan bimtek ini untuk penguatan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah. Yang selanjutnya dijabarkan melalui program-program prioritas,” terangnya.

Pelaksana tugas Kepala Bappeda Kabupaten Kubu Raya Amini Maros menjelaskan, sasaran bimtek adalah aparatur pemerintah daerah yang menangani perencanaan program perangkat daerah yang terdiri dari sekretariat daerah, dinas, badan, sekretariat dewan, dan kecamatan. 

“Kita menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kelembagaan (PPKK) Fisipol Universitas Gajahmada Yogyakarta,” ungkapnya.

=========================

SUMBER