Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 39 Hari

Pemkab Simalungun Belajar Kelola Desa dari Kubu Raya

Senin, 28 Oktober 2019

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, di Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (25/10/2019).

Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih mengatakan, kedatangan pihaknya bertujuan menjalin silaturahmi sekaligus mencari sejumlah informasi terkait sektor pendapatan daerah.

“Mengingat di tempat kami di Simalungun, sumber-sumber pendapatannya hanya ada pariwisata, pertanian, dan perkebunan. Selain itu profesinya pegawai,” tuturnya seusai pertemuan.

Meski begitu, Saragih mengaku juga sangat tertarik dengan upaya pembangunan desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Ia menyatakan pihaknya berencana mengadopsi sistem pengelolaan desa yang ada di Kubu Raya untuk diterapkan di Simalungun.

“Yang jelas khususnya tentang desa. Bagaimana pemberdayaan dan pengelolaan anggaran desa. Kami sudah meminta salinan perbupnya dan nanti kita akan banyak belajar,” tuturnya.

Saragih menyebut kerja sama antardaerah sangat penting. Mengingat pada prinsipnya semua pemerintah daerah punya tujuan yang sama. Yakni memberikan pelayanan dan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Kita berharap pertemuan tidak hanya sekali. Tidak saya tidak Bupati Kubu Raya, tapi kepala dinas kami juga bisa berkunjung ke sini dengan membawa para kepala desa. Karena tujuan kita adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah pusat. Itu yang kita harapkan,” ucapnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebut besarnya peluang bagi daerah-daerah antarprovinsi untuk saling belajar. Terlebih jika daerah-daerah tersebut punya tipologi daerah yang sama. Sehingga ruang diskusi pun terbuka lebar.

“Pada prinsipnya ini kan diskusi tentang tata kelola pemerintahan,” ujarnya.

Ke depan, kata Muda, tak tertutup kemungkinan untuk dilakukannya kerja sama yang lebih intens lagi dengan Kabupaten Simalungun. Sebab, menurutnya, ada sejumlah kemiripan kondisi antara Kubu Raya dengan Simalungun. Di antaranya profil sebagai daerah hinterland.

“Semacam sister city. Jadi artinya kita bisa jadikan ini mengingat sama-sama daerah penyangga,” ucapnya.

Terkait atensi Bupati Saragih terhadap pengelolan desa di Kabupaten Kubu Raya, Muda menyebut apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya adalah upaya adaptif terhadap perkembangan zaman.

“Prinsipnya di era sekarang ini semuanya serba transparan dan akuntabilitas yang baik. Apalagi soal dana desa,” tuturnya.

=========================

SUMBER