Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 18 Hari

Kepala PPSDM Kementan RI Apresiasi Inovasi Program Beras Lokal Gagasan Bupati Kubu Raya

Rabu, 9 Oktober 2019

Sungai Raya - Sejumlah Inovasi, gagasan dan ide kreatif  yang di ciptakan Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H dalam menggerakkan program pertanian, mulai dari program beras lokal, penanaman jagung dan program Telur Ayam kampung mendapatkan pujian dan apresiasi tinggi dari Kementrian Pertanian (Kementan RI).

Apresiasi Inovasi program pertanian Bupati Kubu Raya ini di sampaikan langsung Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementrian Pertanian RI Prof.Dr.Ir. Dedy Nursyamsi, M.Agr saat kunjungannya di Kabupaten Kubu Raya, Selasa (08/10/2019).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementrian Pertanian RI Prof.Dr.Ir. Dedy Nursyamsi, M.Agr mengatakan, kunjungannya di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) dalam rangka peningkatan program pertanian. Menurutnya program pertanian yang diterapkan Bupati Kubu Raya ini sungguh luar biasa, karena yang selama ini dicita-citakan Kementrian Pertanian adalah Kepala Daerah seperti Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

“Pak Bupati ini mampu mengolah pertanian mulai dari hulu ke hilir. Contoh seperti program Beras Lokal yang di pakecing dengan berbagai ukuran, ada yang 5 Kg, 10 Kg, 20 Kg dan ada juga yang sampai 50 Kg dengan berbagai merek dan menampilkan branding Lokal. Selain itu dengan kebijakan bapak Bupati untuk menjadikan beras petani ini untuk dikonsumsi oleh Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kubu Raya. Wah ini sungguh Inovasi yang sungguh Luar Biasa,” ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementrian Pertanian RI Prof.Dr.Ir. Dedy Nursyamsi, M.Agr saat kunjungannya di Kabupaten Kubu Raya ruang kerja Bupati, Selasa (08/10/2019).

Dedy menuturkan, dengan dilibatkannya ASN dalam mengkonsumsi beras lokal Kubu Raya, tentunya ASN di daerah ini akan mendapatkan beras yang berkualitas dan di sisi lain petani juga mendapatkan harga dan pangsa pasar yang sangat menarik, yang akhirnya petani juga bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Artinya pendepatan dan kesejahteraan petani dengan sendirinya juga akan mengalami peningkatan.

“Kalau saya lihat, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya ini ternyata bukan hanya untuk seperti itu namun pak Bupati juga membantu ketersediaan benihnya dan fasilitas-fasilitas pertanian lainnya. Nah inilah yang diharapkan kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia, ya ini seperti Kepala Daerah di Kubu Raya ini, yaitu Pak Muda Mahendrawan,” pujinya dengan tegas.

Dedy menambahkan, apa yang telah dilakukan Bupati Kubu Raya di sektor pertanian ini sungguh luar biasa, karena Bupati Muda mengalokasikan APBD untuk pembangunan pertanian dan Dedy juga mengapresiasi pelaksanaan pertanian jagung yang nilai sungguh luar biasa. Dedy mencontohkan, dengan strategi bagaimana masyarakat mau tanam jagung. Bupati memulainya dengan betapa pentingnya gizi dan nutrisi terutama bagi ibu hamil.

“Nutrisi itu apa, ya itu tadi misalkan beras dengan nutri zinc yang tinggi untuk mengatasi kasus stunting dan tentunya langkah ini sangat cocok bagi ibu-ibu hamil dan di saat yang sama ibu hamil ini juga memerlukan nutrisi dan protein dari telur ayam kampung yang akan dikembangkan di Kubu Raya. Bagi saya yang membidangi penanggung jawab Padi Jagung dan Kedelai (PaJaLe) tentunya gagasan pak Bupati Kubu Raya ini sekali lagi saya tergaskan sungguh sangat luar biasa. Nah Bupati seperti pak Muda inilah yang kami inginkan selama ini,” kagumnya.

Sementara Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H mengucapkan terima kasih dengan kunjungan dari rombongan Kementan RI untuk mengetahui dan melihat langsung prorgam pertanian yang dijalankannya. Tentunya dengan kunjungan dari Kementan RI akan memberikan semangat bagi masyarakat Kubu Raya untuk terus bercocok tanam dalam menghasilkan pertanian yang berkualitas.

“Selaku Bupati, saya tidak mau merasa bangga dengan pujian yang diberikan Kementan RI ini, justru dengan pujian ini saya akan berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat petani saya yang tersebar di 123 Desa dan 9 Kecamatan ini. Karena saya selalu menyampaikan apa yang di fikirkan Pemerintah Kubu Raya saat ini adalah bagaimana kita bisa membahagiakan 164 ribu rumah tangga-rumah tangga. Karena program beras lokal Kubu Raya ini juga merupakan langkah kita untuk terus membahagiakan masyarakat Kubu Raya, sesuai dengan Visi kita yaitu mewujudkan Kubu Raya yang Bahagia,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H.

Bupati Muda menjelaskan, dalam menjalankan program beras lokal Kubu Raya ini, Pemerintah Daerah melibatkan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) nya sebagai leadernya dan peran penyuluh pertanian  sebagai ujung tombak perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat pertanian dalam mewujudkan sistem pertanian yang berorientasi agribisnis, yang dilakukan melalui paket-paket teknologi spesifik lokasi atau kearifan lokal.

“Peran KTNA dan penyuluh pertanian merupakan bagian paling terpenting dalam upaya untuk memperkuat pertanian dalam arti luas dan mamandirikan rumah tangga-rumah tangga petani, yang pada akhirnya menjadikan pertanian, perikanan, pertenakan, dan perkebunan sebagai basis ekonomi masyarakat di Kubu Raya,” jelasnya.

Bupati Muda menuturkan, dengan spirit salam menanjak atau salam meroket, dirinya berusaha mengejar berbagai ketertinggalan dan menciptakan inovasi baru untuk melesat jauh dengan percepatan-percepatan demi membahagiakan 164 ribu rumah tangga-rumah tangga yang tersebar di 123 Desa dan 9 Kecamatan.

“Salam meroket ini bukan hanya dilakukan dengan gerakan tangan saya, melainkan harus diaktualisasikan dengan kerja nyata agar kita memiliki semangat untuk melakukan percepatan-percepatan dan dari dulu saya selalu menyampaikan, yang menjadi fikiran Pemerintah Daerah saat ini ialah bagaimana membahagiakan rumah tangga-rumah tangga di Kubu Raya. Dengan program Beras Lokal kita ini diharapkan mampu untuk membahagiakan rumah tangga petani kita. Makanya dengan slogan “Dari Kubu Raya Untuk Indonesia” kita berusaha belari lebih kencang, berproses lebih cepat dan bertindak lebih nyata untuk mewujudkan Visi Bahagia Kubu Raya,” katanya.

Semakin massivnya salam meroket bagi masyarakat di daerah ini, Bupati Muda juga memperkenalkan salam khas Kubu Raya ini untuk dipraktekan rombongan Kementan RI dengan momen fhoto bersama di ruang kerjanya. Spontan rombongan Kementan RI yang berjumlah 5 orang inipun ikut mempratekan salam meroket Kubu Raya.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini dihadiri juga Kepala Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalbar, Heronimus Hero, Kabid Pangan Distan TPH Kalbar, Dony Saiful Bahri dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya Gandhi Satyagraha, M.T.


=========================

SUMBER