Hari Kesaktian Pancasila 1.10.2019 08:00 10 Hari

FISIP Goes To School Jilid 2 Sungai Ambawang

Senin, 9 September 2019

Sungai Raya - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bidang Menteri Sosial Masyarakat (Mensosmas) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (Untan) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi bertajuk FISIP Goes To School Jilid 2 diadakan di SMP Negeri 4 dan SMA Negeri 2 Sungai Ambawang, Desa Pancaroba.

Kegiatan sosialisasi FISIP Goes To School Jilid 2 ini merupakan agenda yang secara kontinyu dijalankan oleh BEM Fisip Untan. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa siswa-siswi SMP Negeri 04 yang sangat antusias dan SMA Negeri 2  Sungai Ambawang. Pada kegiatan Fisip Goes To School Jilid 2 kali ini menghadiri ketua UKM yang mengisi materi pada sosialisasi tersebut antaranya dari Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS) yang membawa materi tentang motivasi penting dan pendidikan, yang diberikan untuk SMP. Kemudian dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memberikan beberapa materi kepada siswa/i SMA yang berbicara tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ibu Sri Budi Susanty, menyampaikan Alhamdullilah setelah dilaksanakan kegiatan BEM Fisip Untan di SMP 4 Sungai Ambawang anak-anak antusias sekali pada kegiatan ini mereka bisa belajar menerima materi dengan baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya di SMP kita tapi menyeluruh ke Pedesaan yang lainnya sesuai dengan tema kegiatan yang dilakukan  oleh anak-anak mahasiswa dan khususnya mahasiswa Fisip. Bekerjasama dengan BEM tentunya, sukses selalu buat kalian semuanya mudah-mudahan kalian kelak cepat menjadi sarjana dan bisa mengabdi kepada masyarakat disekitar kalian,” pesannya.

Wakil Kurikulum Bapak Sadeli, menyampaikan kegiatan ini sangat bagus sekali untuk kepentingan sekolah khususnya bagi siswa/i kita yang tentu kelas tiga (3) ini maunya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya ke Untan atau Perguruan Tinggi lain, dan ini memang perlu diberikan motivasi, perlu diberikan pancingan-pancingan sehingga mereka tidak hanya tamat di SMA.

“Untuk kegiatan ini sebenarnya kami harapkan tidak hanya putus disini, jadi sifatnya bimbingan-bimbingan dari semua lini pendidikan ini termasuk untan Fisipol dan sebagainya itu kalau memang bisa harus masuk ke setiap SMA. Ini diharapkan kedepankan bisa memberikan motivasi yang lebih banyak lagi kepada siswa/i untuk melanjutkan jenjang ke Perguruan Tinggi. Sebab, apalagi di Sungai Ambawang SMA ini memang tingkat kemauan untuk melanjutkan ke Jenjang Tinggi itu agak rendah karena mungkin pola pikir, ekonominya sebagian ini masih beda dari yang di Kota dan ini sangat penting bagi kita di SMA 2 Sungai Ambawang khususnya masyarakat yang ada di Kubu Raya disini, dan ini tentu tidak terlepas dari bantuan semualah artinya kesadaran kita orang tua, kemudian lembaga pendidikan yang dibawah termsuk kita SMA juga Perguruan Tinggi. Minimal kedepan siswa kita diharapkan setiap tamatan itu bisa 75% ke Perguruan Tinggi. Selama ini paling  terusterang saja kalau SMA 2 ini baru 20% setiap tahun ajaran. Jadi, ini yang sangat membantu buat kita, terima kasih dari bantuannya dari Fisipol yang telah datang hari ini,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Panji Kurnia Aji, menyampaikan Puji Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan hari ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. “Harapan dari BEM Fisip Untan, untuk kegiatan-kegiatan sosial seperti ini Insyaallah akan terus kita jalani dengan sedikit-sedikit perubahan agar lebih baik. Tentu kegiatan ini akan terwujud yang memiliki output mulai memberikan pemahaman kepada teman-teman yang masih duduk di Sekolah sampai kelak ia memikirkan apa kedepannya ketika ingin melanjutkan pendidikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada setiap elemen-elemen baik itu dari Sekolah, baik itu teman-teman mahaiswa yang hari ini kita berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS). Semoga kegiatan-kegiatan yang baik seperti ini bisa terus kita lakukan,” ucapnya.

Menteri Sosial Masyarakat Rio Waku Aprianto, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dari program kerja Mensosmas yang bertajug Fisip Goes To School Jilid2 yang sebelumnya kegiatan ini bekerjasama dengan HIMAKON dan HMS. “Jadi, sama seperti kegiatan perihalnya kegiatan minggu lalu. Bahwa kegiatan ini untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Disini kami sebagai mahasiswa/i keluarga besar Fisip Untan ingin mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan kepada masyarakat dengan praktek-praktek seperti kegiatan yang kami adakan ini. Dalam bentuk kegiatan sosialisasi kepada pelajar SMP Negeri 4  dan SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Disini kami mengajak para pelajar siswa/i SMP dan SMA untuk lebih aktif bahwa pendidikan itu penting serta melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk bisa mengentaskan kemiskinan, memberantas kebodohan dll. Harapan mudah-mudahan partisipasi para pelajar ini bisa meningkat khusunya sektor pendidikan,” jelasnya.

Utin Yusi Trisna selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS), mengatakan bahwa kegiatan itu semoga bisa lebih baik lagi karena kita dari mahasiswa memang harus praktek ke masyarakat salah satunya ke Generasi Milenial saat ini. Untuk SMP kelas IX dan SMA kelas XII memang mereka membutuhkan motivasi belajar dalam menghadapi ujian dan melanjutkan ke jenjang tinggi. Dengan adanya sosialisasi kemaren mungkin itu bisa menjadi motivasi mereka karena dan membuat mereka semangat untuk selalu belajar. “semoga dengan adanya Fisip Goes To School ini yang bekerja dengan BEM dan HIMA UKM yang ada di Fisip semoga selalu lancar dan materi-materi yang diberikan lebih baik lagi,” ucapnya.

Salah satu siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sungai Ambawang Hasa Monika, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, memotivasi kami para pelajar agar giatlah terus belajar. Pendidikan ini sangat penting bagi kita. karena tanpa pendidikan kita tidak bisa jadi apa-apa. Senang bangat dan seru bangat bisa mengikuti kegiatan sosialisasi yang memotivasi ini,” katanya.

Siswa yang lain, Kelas XII SMA 2 Sungai Ambawang Mariana Terensia Violeta, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus dimana dari Kampus Untan khususnya Fisip. Mengajarkan kita untuk memahami apa sih artinya pendidikan dan tujuan diselenggarakan kegiatan itu setelah selesai SMA ini mau lanjut kuliah, kerja kemana. Intinya senang sekali,” tuturnya.

=========================

SUMBER