Hari Kesaktian Pancasila 1.10.2019 08:00 10 Hari

Pemda Kubu Raya Kembali Distribusikan Bosda Seragam Sekolah di Dua Kecamatan

Rabu, 4 September 2019

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat untuk sekian kalinya kembali mendistribukan program Bantuan Oprasional Sekolah Daerah (Bosda) seragam sekolah gratis di sejumlah sekolah di 2 Kecamatan, Senin (2/9/2019).

Melalui Koperasi Rasau Jaya Mandiri, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendistribusikan 246 seragam sekolah gratis yang tersebar di 10 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang masuk dalam Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Rasau Jaya, yang mana penyerahan program Bosda seragam gratis ini dilakukan Ketua Koperasi Rasau Jaya Mandiri Suratinem secara simbolis kepada masing-masing Kepala Sekolah yang disaksikan Ketua Koordinasi Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Rasau Jaya Sriyatin, S.Pd SD, Pengawas Koperasi Kubu Raya Reyan dan Pengawas Koperasi Rasau Jaya Mandiri Darsono, antara lain:

  1. SDN 7 Rasau Jaya Desa Pinang Luar Kecamatan Kubu, sebanyak 16 seragam sekolah gratis dengan rincian, 16 baju putih lengan panjang, 11 celana merah panjang, 5 rok merah panjang, 16 dasi merah dan 16 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 7 Rasau Jaya Desa Pinang Luar Kecamatan Kubu Khairul, S.Pd.
  2. SDN 8 Rasau Jaya Desa Pinang Luar Kecamatan Kubu sebanyak 14 seragam sekolah gratis dengan rincian, 14 baju putih lengan Pinang, 8 celana panjang merah, 6 rok merah panjang, 14 dasi merah dan 14 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 8 Rasau Jaya Siman, S.Pd.
  3. SDN 10 Rasau Jaya Desa Bintang Mas sebanyak 38 seragam sekolah gratis dengan rincian 38 baju putih lengan panjang, 26 celana merah panjang, 12 rok merah panjang, 38 tapi merah dan 38 dasi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 10 Rasau Jaya Hasyim,S.Pd.
  4. SDN 11 Rasau Jaya Desa Pematang Tujuh sebanyak 21 seragam sekolah gratis dengan rincian, 21 baju putih lengan panjang, 18 celana merah panjang, 3 rok merah panjang, 21 dasi merah dan 21 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 10 Rasau Jaya Narsito, S.Pd.
  5. SDN 13 Rasau Jaya Desa Rasau Jaya Dua sebanyak 33 seragam sekolah gratis dengan rincian, 33 baju putiih lengan panjang, 13 celana merah panjang, 20 rok merah panjang. 33 dasi merah dan 33 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 13 Rasau Jaya Kasianto, S.Pd.
  6. SDN 14 Rasau Jaya Desa Rasau Jaya Dua sebanyak 26 seragam sekolah gratis dengan rincian, 13 celana merah panjang, 13 rok merah panjang, 26 dasi merah dan 26 topi merah yang diserahkan langsung kepada Kepala Sekolah SDN 14 Rasau Jaya Fatimah, S.Pd.
  7. SDN 15 Rasau Jaya sebanyak 27 seragam sekolah gratis dengan rincian 14 celana merah panjang, 13 rok merah panjang, 27 dasi merah dan 27 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 15 Rasau Jaya Suwito, S.Pd.
  8. SDN 16 Rasau Jaya Desa Rasau Jaya Umum sebanyak 28 seragam sekolah gratis dengan rincian, 10  celana merah panjang, 18 rok merah panjang, 28 dasi merah dan 28 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 16 Rasau Jaya Aminah, S.Pd.
  9. SDN 17 Rasau Jaya Desa Rasau Jaya Tiga sebanyak 14 seragam sekolah gratis dengan rincian 10 celana merah panjang, 4 rok merah panjang, 14 dasi merah dan 14 topi merah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 17 Rasau Jaya Eko Budiyono.Y.S, S.Pd.
  10. SDN 18 Rasau Jaya Desa Rasau Jaya Dua sebanyak 29 seragam sekolah gratis dengan rincian, 16 baju putih panjang, 16 celana merah panjang, 13 rok merah panjang, 29 dasi merah dan 29 topi merah yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SDN 18 Rasau Jaya Agus Zakaria, S.Pd, M.M.


Ketua Koprasi Rasau Jaya Mandiri Suratinem mengatakan, setalah selesai melakukan pendistribusian seragam sekolah gratis di seluruh SDN Rasau Jaya ini, pihaknya akan memfokuskan pendistribusian ke 2 Kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Kubu dan Kecamatan Batu Ampar.

“Insya Allah, dalam waktu dekat untuk Kecamatan Kubu dan Kecamatan Batu Ampar sudah bisa kita distribusikan, karena saat ini kita masih mempercepat proses pengerjaan seragam sekolah gratis ini, mengingat untuk pendistribusian seragam sekolah gratis di 2 kecamatan itu hampir lebih dari 1.000 seragam sekolah gratis,” ungkap Ketua Koprasi Rasau Jaya Mandiri Suratinem usai menyerahkan seragam sekolah gratis kepada 10 SDN Rasau Jaya di Kantor Unit Pelaksan Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Rasau Jaya, Senin (2/9/2019).

Di tempat yang sama, Pengawas Koperasi Rasau Jaya Mandiri Darsono mengatakan, penyerahan program Bosda seragam sekolah gratis dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ini dilakukan di Kantor Unit Pelaksan Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Rasau Jaya dengan mengumpulkan 10 Kepala sekolah yang belum menerima program ini.

“Alhamdulillah, pada hari ini kami bisa menyaksikan langsung pendistribusia program Bosda seragam sekolah gratis ini kepada sekolah-sekolah yang belum menerimanya. Yang mana dengan telah diterimanya seragam sekolah gratis oleh 10 SDN ini, maka pendistribusian seragam sekolah gratis untuk di Kecamatan Rasau Jaya ini semuanya sudah terakomodir dengan baik dan lancar. Berdasarkan data yang saya miliki, Koperasi Rasau Jaya Mandiri sudah menyerahkan sebanyak 505 seragam sekolah gratis kepada 18 SDN yang ada di wilayah Kecamatan Rasau Jaya. Yang mana pendistribusiannya dimulai sejak tanggal 21 Agustus kemarin, dan pada hari ini semuany sudah bisa di distribusikan semuanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 07 Khairul, S,Pd mengapresiasi dengan kebijakan Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H yang telah mengembalikan program Bosda seragam sekolah gratis ini. Karena menurutnya, program ini sangat baik dan membantu bagi orang tua murid yang kurang mampu, sehingga mereka tidak pusing-pusing lagi untuk memikirkan membeli seragam sekolah anaknya.

“Alhamdulillah, setalah pak Muda menjabat sebagai Bupati Kubu Raya, program Bosda ini muncul lagi. Saya masih ingat waktu pak Muda masih menjabat sebagai Bupati Kubu Raya pertama dulu, pada tahun 2010 program Bosda ini sudah ada. Karena anggaran Pemerintah Daerah pada waktu itu masih kecil, jadi pogram Bosda ini hanya diberikan seragam sekolah yang kalau diuangkan hanya Rp.50.000.00.- saja. Tapi saya pada waktu itu memakluminya. Tapi Alhamdulillah di priode ke duanya ini, Pak Muda kembali memprogramkan Bosda Seragam gratis dengan sangat lengkap, yang mana, selain mendapatkan baju, celana bagi siswa laki-laki dan rok bagi siswa perempuan, siswa juga mendapatkan topi dan dasi. Yang paling saya suka dengan program ini, semuanya berbentuk panjang, baik itu baju, calana maupun roknya. Tentunya hal ini labih tampak indah dan sopan jika anak-anak kita memakainya,” ungkap Khairul.

Di tempat terpisah, pada waktu bersamaan penyerahan program Bosda seragam sekolah gratis juga di lakukan di sejumlah SDN di Kecamatan Sungai Raya, yang mana melalui Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Abadi Pemeriintah Kabupaten Kubu Raya mendistribusikan Bosda seragam gratis di 3 Sekolah Dasar Negeri SDN. Yang mana penyerahan Bosda seragam sekolah gratis di sejumlah SDN di Kecamatan Sungai Raya ni dilakukan langsung Ketua Koperasi Konveksi Ambangah Sejahera Abadi Pungky Wahyuningrum secara simbolis kepada masing-masing murid dan Kepala Sekolah diantaranya:

  1. SDN 30 Sungai Raya Desa Sungai Ambangah sebanyak 13 searagam sekolah gratis dengan rincian, 13 baju putih lengan panjang, 7 celana merah panjang, 6 rok merah panjang, 13 dasi merah dan 13 topi merah yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SDN 30 Sungai Raya Subakir, S.Pd.
  2. SDN 45 Sungai Raya Desa Sungai Ambangah sebanyak 8 seragam sekolah gratis dengan rincian, 8 baju putih panjang, 2 celana merah panjang, 6 rok merah panjang, 8 dasi merah dan 8 topi merah yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SDN 45 Sungai Raya Titik Rahmawati, S.Pd.
  3. SDN 40 Sungai Raya Desa Madu Sari sebanyak 27 seragam sekolah gratis dengan rincian, 27 baju putih lengan panjang, 8 celana merah panjang, 19 rok merah panjang, 27 dasi merah dan 27 toppi merah yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SDN 40 Sungai Raya Aida, S.Pd, M.Pd.


=========================

SUMBER