Hari Kesaktian Pancasila 1.10.2019 08:00 10 Hari

Kemenkes RI Luncurkan Desa Rasau Jaya Satu Sebagai Desa Berdaya Sehat

Senin, 2 September 2019

Sungai Raya - Desa Rasau Jaya Satu Kecamatan Rasau Jaya resmi ditetapkan sebagai Desa Berdaya Sehat. Bahkan, peluncuran tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi, Sabtu (31/8/2019).

Peluncuran yang dilaksanakan di Halaman SMK Muhammadiyah Rasau Jaya Satu, turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam.

Oscar Primadi menjelaskan, program Desa Berdaya Sehat di Desa Rasau Jaya Satu diinisiasi Pemuda Muhammadiyah. Sejumlah kegiatan menandai program tersebut. Seperti Gerakan Makan Ikan, Penyuluhan Kesehatan, Tabur Benih Ikan, dan Penanaman Pohon.

Menurut Oscar, Desa Berdaya Sehat sejalan dengan program yang dijalankan Kementerian Kesehatan RI terutama melalui puskesmas. Yakni bagaimana menggerakkan masyarakat untuk berbudaya hidup sehat.

Seperti memastikan ibu hamil di wilayah tersebut melahirkan di fasilitas layanan kesehatan, memastikan bayi di daerah itu mendapatkan imunisasi lengkap, memastikan bayi mendapatkan ASI secara eksklusif, pemantauan kesehatan balita, dan seterusnya.

“Mudah-mudahan bisa benar-benar bergandengan dengan program-program kesehatan pemerintah karena Pemuda Muhammadiyah merupakan salah satu komponen besar aset bangsa yang memang harus menggerakkan upaya-upaya yang lebih kuat lagi untuk membangun ini. Unsur-unsur pemuda ini memang amat sangat penting di dalam upaya kita menjalankan pembangunan di republik tercinta ini,” tutur Oscar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengapresiasi kegiatan Desa Berdaya Sehat yang dirintis Pemuda Muhammadiyah.

Menurutnya, Desa Berdaya Sehat merupakan sebuah terobosan yang harus didukung penuh seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah daerah, ujarnya, sangat terbuka dengan ide-ide kreatif termasuk dari kaum muda.

“Dari jajaran pemerintah daerah selalu ingin mendapatkan terobosan program-program prioritas yang bisa didukung, termasuk dalam hal menciptakan masyarakat yang sehat dan berkualitas. Mumpung saat ini kita juga dalam proses penyusunan program tahun 2020,” ucapnya.

Yusran menambahkan, melalui inventarisasi pihaknya, belum banyak lembaga-lembaga kepemudaan yang berkolaborasi dengan program pemerintah daerah.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan mengajak masyarakat Kalimantan Barat khususnya Kubu Raya untuk gemar mengonsumsi daging ikan.

“Saya ajak kita semua untuk gemar mengonsumsi daging ikan. Supaya tidak ada stunting dan tidak ada yang gizi buruk khususnya di Desa Rasau Jaya Satu ini,” imbaunya.

=========================

SUMBER