Hari Kesaktian Pancasila 1.10.2019 08:00 10 Hari

Pemkab Kubu Raya Kembali Distribusikan Bosda Seragam Sekolah Gratis di 2 Kecamatan

Jum’at, 30 Agustus 2019

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) kembali mendistribusikan program Bantuan Oprasional Sekolah Daerah (Bosda) Seragam Sekolah Gratis kepada sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di 2 Kecamatan, antara lain 6 SDN di Kecamatan Sungai Ambawang dan 2 SDN Di Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya.

Pada hari ini, Jum'at (30/8/2019) melalui Koprasi Ambawang Berdaya Mandiri, Pemkab Kubu Raya mendistribusikan 6 SDN yang tersebar di Kecamatan Sungai Ambawang, diantaranya:

  1. SDN 01 Desa Ambawang Kuala sebanyak 20 seragam sekolah dengan rincian, 20 Baju putih lengan panjang, 11 celana panjang merah, 9 rok merah panjang, 20 dasi merah dan 20 topi merah.
  2. SDN 02 Desa Jawa Tengah sebanyak 19 seragam sekolah gratis dengan rincian, 19 baju putih lengan panjang, 9 celana merah panjang, 10 rok merah panjang, 19 dasi merah dan 19 topi merah.
  3. SDN 05 Desa Jawa Tengah sebanyak 23 seragam sekolah gratis dengan rincian, 23 Baju putih lengan panjang, 9 celana merah panjang, 14 rok merah panjang, 23 dasi merah dan 23 topi merah.
  4. SDN 06 Desa Jawa Tengah sebanyak 22 seragam sekolah gratis dengan rincian, 22 baju putih lengan panjang, 10 celana merah panjang, 12 rok merah panjang, 22 dasi merah dan 22 topi merah.
  5. SDN 07 Desa Ambawang Kuala sebanyak 74 Seragam Sekolah dengan rincian, baju putih lengan panjang 74 helai, celana merah panjang 33 helai, rok merah panjang 41 helai, dasi merah 74 pcs dan topi merah 74 pcs. Yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 07 Sungai Ambawang Kasirin.
  6. SDN 10 Desa Jawa Tengah sebanyak 16 seragam sekolah dengan rincian, baju lengan panjang sebanyak 16 helai, rok merah panjang 8 helai, celana merah panjang 8 helai, dasi merah 16 dan topi merah 8 helai yang di serahkan langsung kepada 16 murid kelas 1 yang di dampingi Kepala Sekolah SDN 10 Sungai Ambawang Sung Fut Chen.


Kepala Sekolah SDN 07 Desa Ambawang Kuala Kasirin mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang kembali memprogramkan Bosda Seragam Sekolah gratis ini, karena hal ini sangat membantu sekali bagi orang tua murid.

“Program ini sangat bagus sekali dan penerapannya pun sudah tepat sasaran yang mana program ini diserahkan langsung kepada murid kelas 1 yang baru masuk.  Tentunya langkah ini juga sebagai upaya meringankan beban orang tua yang anaknya baru masuk sekolah. Saya harapkan, kedepannya program terus dilakukan agar anaknya pemerataan di sejumlah sekolah di Kabupaten Kubu Raya ini”, ungkap Kepala Sekolah SDN 07 Desa Ambawang Kuala Kasirin saat menerima Bosda seragam sekolah dari Pemkab Kubu Raya, Jum'at (30/8/2019).

Hal senada juga disampaikan Koordinator Wilayah bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Ambawang Syarif Harun. S.Pd yang mengapresiasi kebijakan Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan yang kembali menggulirkan program Bosda seragam sekolah gratis untuk siswa yang baru masuk. Tentunya ini langkah yang tepat dalam membantu meringankan beban orang tua murid dalam menyediakan seragam sekolah bagi anak-anaknya.

“saya harapkan,  kedepannya, selain seragam sekolah gratis,  Pemerintah Kubu Raya juga bisa memperhatikan memberikan bantuan terkait sarana dan prasarana di sekolah serta menambah tenaga guru di Kecamatan ini, mengingat di Kecamatan Sungai Ambawang jumlah guru masih sangat terbatas, sehingga ada guru yang harus mengajar di sekolah sekaligus”, pintanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 01 Desa Ambawang Kuala Eti Puji Nuryati, S.Pd, MM sangat senang dan terbantu sekali dengan program Bosda seragam sekolah gratis ini dan dirinya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH, karena dengan adanya program Bosda ini, tentunya anak-anak bisa mendapatkan seragam sekolah mereka dengan gratis tanpa harus membebankan orang tua mereka.

“Alhamdulillah, kami selaku Kepala Sekolah mewakili orang tua murid sangat senang dan terbantu sekali terutama orang tua yang kurang mampu, dan bagi yang mampu pun bisa cepat mendapatkan seragam ini”, ungkap Kepala Sekolah SDN 01 Desa Ambawang Kuala Eti Puji Nuryati, S.Pd, MM.

Eti mengharapkan agar program Bosda ini harus tetap ada dan dilakukan sampai kapanpun, karena adanya kerjasama dengan Koprasi ini semua bisa berjalan lancar. Dan dirinya meresa senang karena berdasarkan keputusan Bupati Kubu Raya, baju, calana dan rok yang diberikan ini semuanya panjang.

“Alhamdulillah, pakaian yang diberikan ini semuanya berbentuk panjang, tentunya hal ini sangat baik. Karena dengan bentuk yang serba panjang ini, baik murid muslim mampu non muslim jika dipakai akan tampak rapi dan sopan. Karena kita orang Indonesia tidak memandang Muslim atau non Muslimnya rapi lebih mengedepankan sopan santunnya dalam berpakaian”,  jelasnya.

Penyerahan Bosda seragam sekolah gratis di Kecamatan Sungai Ambawang ini dilakukan langsung Ketua Koprasi Ambawang Berdaya Mandiri Maisum yang di dampingi Pengawas Koprasi Ali Anshori dan Koordinator Koprasi Kubu Raya Nasikin, SE.

Pada waktu bersamaan, selain di Kecamatan Sungai Ambawang, Pemerintah Daerah juga melakukan hal serupa di Kecamatan Sungai Raya. Di Kecamatan ini, Pemda Kubu Raya melalui Koprasi Ambangah Sejahtera juga mendistribusikan Bosda seragam sekolah gratis di 2 SD diantaranya:

  1. SDN 04 Desa Sungai Ambangah sebanyak 28 seragam sekolah gratis dengan rincian, 28 baju putih lengan panjang, 14 celana panjang merah, 14 rok panjang merah, 28 dasi merah dan 28 topi merah.
  2. SDN 54 Desa Sungai Ambangah sebanyak 18 seragam sekolah dengan rincian, 18 baju putih lengan panjang, 9 celana merah panjang, 9 rok merah panjang, 18 dasi merah dan 18 topi merah.


Ketua Koprasi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum mengatakan, sebelumnya pihaknya juga telah mendistribusikan program Bosda seragam sekolah gratis ini di 2 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sungai Raya diantaranya:

  1. SMPN 11 Sungai Raya Desa Sungai Ambangah, sebanyak 56 seragam sekolah gratis dengan rincian 56 baju putih lengan panjang, 23 celana biru panjang, 33 rok biru panjang, 56 topi biru dan 56 dasi biru.
  2. SMPN 5 Sungai Raya Desa Tebang Kacang sebanyak 63 seragam sekolah gratis dengan rincian, 63 baju putih lengan panjang, 36 celana biru panjang, 27 rok biru panjang, 63 dasi biru dan 63 topi biru.


“Alhamdulillah, sejak kami mendistribusikan seragam sekolah ini dalam 2 minggu terakhir ini, banyak tanggapan dan respon positif dari ratusan orang tua murid yang anaknya mendapatkan program Bosda ini. Tentunya langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ini sudah sangat tepat dan tepat waktu di saat anak-anak mulai masuk sekolah,  tentunya kondisi ini memberikan keringanan bagi ortu siswa yang kurang mampu”, ceritanya.

Penyerahan seragam sekolah gratis di Desa Sungai Ambangah ini dilakukan langsung Ketua Koprasi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum kepada murid dan Kepala Sekolah di masing-masing SDN.



=========================

SUMBER