Hari Raya Natal 25.12.2019 08:00 33 Hari

Bupati Muda Ajak Warga Membumikan dan Merawat Pesan Merdeka

Senin, 19 Agustus 2019

Sungai Raya - Usai menggelar Upacara Detik-detik Proklamasi di halaman Kantor Bupati, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melanjutkan dengan rangkaian kegiatan ramah tamah yang berlangsung di Ruang Praja Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merefleksi kembali perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H mengatakan, pada hari ini, hari di mana bersejarah bagi bangsa ini, diusia yang ke-74 sejak diproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia tentu merupakan sebuah hari yang bersejarah dan pantut untuk dimaknai oleh semuanya. Di mana semuanya perlu merefleksikan bahwasanya kemerdekaan yang sudah diraih ini perlu untuk terus dikokohkan, dibumikan, dan dirawat semua pesan-pesan merdeka dari para pendiri bangsa ini. Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia Bung Karno pernah berkata, mau hidup harus makan, yang dimakan hasil dari kerja keras tidak bekerja tidak makan, tidak makan pasti mati.. Tentunya semua makna ini cukup mendalam untuk kita maknai.

“Inilah undang-undang dunia dan inilah undang-undangnya hidup, mau tidak mau semua makhluk di dunia ini harus menerima undang-undang itu. Terimalah undang-undang itu wahai bangsa Indonesia dengan segenap jiwa yang besar dan merdeka, jiwa yang tidak akan pernah gagal dan jangan hanya mengemis serta menadah melainkan hanya kepada Tahun Yang Maha Esa, Kita tidak bertujuan bernegara hanya se-Windu saja, namun kita bertujuan bernegara untuk 1.000 Windu lamanya, bertujuan bernegara untuk selama-lamanya,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H menirukan ucapan Bung Karno pada acara ramah tamah HUT RI ke-74 yang berlangsung di Ruang Praja Aula Kantor Bupati, Sabtu (17/8/2019).

Bupati Muda mengajak seluruh warga Kubu Raya untuk bertekad bersama-sama untuk memajukan daerah ini agar tidak menjadi bagian daerah yang terbelakang, tapi Kubu Raya harus mampu menjadi bagian penting dari bangsa ini dan mampu berkontribusi dengan cara memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM), menghilangkan hal-hal yang menistai hak-hak asasi manusia dan juga menghargai perbedaan, menjaga persatuan serta memperkuat SDM agar tidak ada lagi anak putus sekolah, tidak ada lagi orang buta huruf, tidak ada ibu yang melahirkan meninggal dunia, tidak banyak lagi kasus staunting, tidak banyak lagi kasus kurang gizi yang ada di daerah ini serta tidak ada lagi anak-anak kita yang terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Untuk itu, perjuangan-perjuangan kita harus terus untuk melakukan itu.

“Insya Allah, mudah-mudahan ini semua adalah cara kita dan hari ini kita semua bisa membangkitkan semangat generasi kita. Apapun yang kita lakukan hari ini, peringatan demi peringatan kemerdekaan, tidak lain kita harus mampu menancapkan mimpi besar, menancapkan imajinasi yang kokoh di kepala generasi kita, agar generasi kita benar-benar tajam dan kencang di dalam mengejar hal-hal yang membuat Indonesiadan daerah kita tidak ada lagi yang terbelakang,” tegasnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, SE mengatakan, melalui momen HUT RI ke-74 ini, tentunya di Kubu Raya ini bisa mewujudkan Visi Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Relegius. Semua ini dapat dibuktikan dari Kubu Raya untuk Indonesia karena dengan kerja keras itu merupakan bagian dari peran Pemerintah Daerah dalam mengisi kemerdekaan ini. Menurut Sujiwo, Kemerdekaan merupakan Jembatan emas untuk menuju negara yang adil dan makmur.

“Nah jembatan emas itu sudah ada berupa kemerdekaan, tentunya kerja keras semua pihak untuk mewujudkan Indonesi yang adil, makmur dan sejahtera, kalau di daerah ini, kita i bisa wujudkan Kubu Raya yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Relegius,” jelas Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, SE.

Sujiwo merasa yakin dan percaya dengan bersama-sama semuanya dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan semua masyarakat dengan kerja keras bergandengan tangan dalam waktu yang singkat dapat mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Kubu Raya.  

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suprapto mengajak semua masyarakat, melalui momen kemerdekaan HUT RI ke-74 untuk bersama-sama merenung kepada diri masing-masing, bahwa kebahagiaan yang ada saat ini dengan 74 tahun kita merdeka dan alam kemerdekaaan ini dapat dinikmati semuanya.

“Maka disebutkan kesombongan orang Indonesia apabila tidak mengenang sejarah bangsa Indonesia, namun hanya membanggakan dan kesombongan dirinya, padahal itu adalah jeri payah nyawa dan darah para pahlawan kita. Tat kala tidak ada pahlawan kita, mungki kita pada hari ini menjadi orang komunis dan menjadi bangsa lain yang tidak mempunyai akhlak santun seperti kita ini yang majemuk, maka cukuplah kita berbangga menjadi warga negara Indonesia,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suprapto saat menyampaikan pesannya pada kegiatan ramah-tamah HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Ruang Praja Aula Kantor Bupati, Sabtu (17/8/2019).

Suparto juga mengajak semua elemen masyarakat untuk menghargai perjuangan dan jiwa raga para pejuang kemerdekaan bangsa ini terutama kepada para pejuang yang saat ini masih hidup. Karena di setiap momen Upacara HUT RI , para pahalawan kemerdekaan ini kurang penghargaan dari pemimpin di negara ini.

“Dimulai dari segi pribadinya, kepemimpinannya, performannya kurang mendapatkan motivasi dari pemimpin kita dan kalau kita lihat tat kala para pemimpin kita duduk bersama para pejuang bangsa ini yang dikedepankan adalah para petinggi dan pemimpinnya dan bukan para pejuang yang telah membuat pemimpin itu menghirup udara merdeka yang ada saat ini. Inilah yang perlu kita letakan pondasi kepada diri kita,” ucapnya.

Dalam acara ramah tamah ini dirangkai juga dengan kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H yang ke-49. Berbagai acara hiburanpun ditampilkan oleh Aparutur Sipil Negara dan anggota Paskibra untuk menghibur dan memberikan selamat kepada Bupati Kubu Raya.

Berdasarkan pantauan RRI, sejumlah ASN Kepala OPD menyampaikan ucapannya dengan memberikan sejumlah kado ulang tahun kepada Bupati Muda. Tampak juga Bupati Muda membagikan nasi tumpeng kepada Wakil Bupati Sujiwo, dan Sekretaris Daerah Yusran Anizam, S. Sos. M.Si. Selain itu tampak terlihat senyum manis Bupati Muda saat memberikan nasi tumpeng kepada Ketua TP PKK Rosalina Muda Mahendrawan. Begitu juga Ketua TP PKK membagikan nasi tumpeng kepada Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Atzebi Yaitu Lensi Sujiwo dan Ketua Dharma Wanita Diah Indah Setyasari.

Dalam kegiatan ini juga tampak kekompakkan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Sujiwo, saat mereka duet bersama menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Almabar berjudul “Rumah Kita”.

Kegiatan ramah tamah ini juga dirangkai dengan pemberian berbagai penghargaan diantaranya:

1. Penghargaan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) untuk ASN masa kerja selama 10, 20 dan 30 tahun,  yang diberikan kepada:

  • Nursanti, SM untuk SLKS 10 tahun,
  • Drs. Jamli SLKS 20 tahun dan
  • Drs. Supriaji untuk SLKS 30 tahun.

 

2. Penghargaan program Inovasi dalam mendukung Pemerintah Daerah di Bidang Kesehatan yaitu Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid.

3. Penghargaan Sekolah Adiwiyata.

  • SDN 09 Sungai Raya (Tingkat Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Barat)
  • SDN 09 Sungai Kakap (Tingkat Kabupaten Kubu Raya)
  • SDN 01 Rasau Jaya (Tingkat Kabupaten Kubu Raya)


Kegiatan ini juga di hadiri Sekretaris Daerah Yusran Anizam, S.Sos, M.Si, Kepala Organisasi Perangakat Daerah (OPD), ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, unsur Forkopimda, Pimpinan DPRD, veteran serta undangan lainnya.

=========================

SUMBER