Maulid Nabi Muhammad SAW 9.11.2019 08:00 17 Hari

Pemdes Sumber Agung Gelar Dialog Interaktif Lintas Generasi

Jum’at, 16 Agustus 2019

Sungai Raya - Sebagai langkah nyata untuk memberikan pemahaman terhadap generasi muda agar lebih memahami permasalahan Desa dan mewujudkan sinergitas Pemerintahan yang baik, Pemerintah Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Dialog Interaktif Sistem tata kelola Pemerintahan Desa dan pengelolaan Keuangan Desa menuju Good Governance yang dipadukan dengan penampilan musik akustik dari D'SA_kustik di Kantor Desa Sumber Agung.

Dialog interaktif yang digelar pada Rabu malam lalu (14/8/2019) yang dihadiri 92 Peserta ini terdiri dari pelajar SMP, SMA, tokoh pendidikan, petugas kesehatan, kader posyandu, kader posyandu lansia, PKK, tokoh masyarakat, tokohAgama, para mahasiswa/mahasiswi Desa Sumber Agung, BPD, LPM, KarangTaruna, Perwakilan Polsek Batu Ampar, Satgas BARA.

Kegiatan yang berlangsung pada malam hari ini juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing diantaranya Kepala Desa Sumber Agung, sekretaris Desa, Bendahara Desa, dan dari aparat kepolisian sebagai wujud sinergitas dari segala lini guna mewujudkan suatu pemerintahan yang baik. Sebelum mulainya dialog interaktif ini seluruh peserta suguhkan Film dokumenter tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Desa Sumber Agung.

Dalam kegiatan ini juga Sekretaris Desa Sumber Agung Sarmadi menceritakan sejarah berdirinya Desa Sumber Agung dan sistem Pemerintahan Desa dari masa ke masa (5 kepala Desa), dengan tujuan untuk kilas balik dan memahami perkembangan suatu roda Pemerintahan yang sudah dilakukan selama 5 priode kepemimpinan Kepala Desa yang berbeda.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sumber Agung, Arifin Noor Aziz, SH. MH, memaparkan berkaitan dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang kewenangan, otonomi Desa, tanggung jawab Desa, tanggungjawab lembaga Desa, tanggung jawab seluruh masyarakat desa serta memaparkan tentang Peran Bumdesa dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan usaha-usaha produktif tanpa mematikan usaha masyarakat yang sudah ada, serta usaha-usaha yang berbasis lingkungan.

“Tantangan - tantangan Desa untuk masa yang akan datang dan persiapan Desa dalam menyongsong era modernisasi Desa melalui peningkatan SDM seluruh masyarakat Desa terutama para generasi muda dan Desa mempunyai konsep Sarjana Pulang ke Desa (Back to Village)”, ungkap Kepala Desa Sumber Agung Arifin Noor Aziz, SH. MH.

Arifin juga mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan seluruh masyarakat serta seluruh pemuda-pemudi Desa Sumber Agung untuk membentuk Generasi Cerdas, Generasi militan, generasi tangguh, generasi mumpuni serta Generasi Luar Biasa.

“Saya mengajak semua elemen agar mampu memberikan masukannya dalam proses pembangunan di Desa ini dan jangan sampai hanya berkutat dengan pemikiran-pemikiran yang hanya cenderung pragmatis, tetapi berpikirlah untuk 5 atau 10 tahun kedepan guna mempersiapkan generasi cerdas dan militan guna mengimbangi kemajuan modernisasi Desa”, tegas Kades Sumber Agung.

Arifin juga berharap seluruh lini masyarakat faham dan mengerti tentang sistem tata kelola pemerintahan desa dan keuangan desa dan mengajak tidak selalu berprasangka negatif karena menghambat percepatan kemajuan Desa.

Arifin mengajak kepada seluruh peserta dialog interaktif untuk bersinergi menjadikan Desa Sumber Agung menjadi Desa Mandiri, Desa yang Kuat, Desa yang inovatif, kreatif, dan Desa yang memiliki konsep luar biasa.

“Saya berharap Desa Sumber Agung menjadi Desa yang tangguh, Desa yang kuat secara ekonomi baik ekonomi masyarakat maupun ekonomi desanya. Karena untuk menjadikan Desa yang disegani dari berbagai bidang, terutama Sumber Daya Manusia, maka dipersiapkanlah Generasi2 muda militan, cerdas, inovatif satu diantaranya dengan program Sarjana Pulang Ke-Desa. Jadilah seorang pemimpi, karena mimpi harus diwujudkan, jangan engkau menjadi seorang penghayal karena engkau akan larut dalam khayalan. Kerjalah dengan nyata dan luar biasa agar hasilnya dapat memberikan manfaat bagi orang lain”, tuturnya.

Sementara itu Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Sumber Agung Muaswin Widodo, SP.d menyampaikan tentang tata kelola keuangan Desa yang pada tahun 2019 ini Desa Sumber Agung sudah menggunakan Cash Management System (CMS) yang merupakan sistem pengelolaan keuangan desa secara non tunai. Yang baru dilakukan 28 desa se-Kabupaten Kubu Raya.

“Sistem perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban keuangan desa yang seusai dengan peraturan yang ada”, jelasnya.

Dialog Interaktif ini juga di warnai dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, kepada pihak Pemerintah Desa, mulai dari sistem pemerintah Desa, kebijakan-kebijakan desa dan bahkan sampai pada berbagai permasalahan yang ada di Desa ini.

Meski demikian semua pertanyaan dari peserta ini dijawab narasumber dengan lugas dan jelas serta memberikan pemahaman kepada peserta sehingga kondisi ini sendiri mampu memberikan suasana yang semarak dan antusias bagi peserta dialog.

Semakin dikenalnya slogan Kabupaten Kubu Raya yang familiar disebut salam menanjak, dan melakukan lompatan-lompata, maka Desa Sumber Agung juga memiliki "Salam Kekuatan Desa" yang memiliki arti seluruh daya upaya kekuatan unsur Desa dalam memaksimalkan seluruh element yang ada didesanya guna secara mandiri mampu bangkit dari segala ketertinggalan.

=========================

SUMBER