Maulid Nabi Muhammad SAW 9.11.2019 08:00 18 Hari

Bupati Muda: Pemkab Kubu Raya Segera Berikan Bantuan Stimulan ke Warga Terdampak Puting Beliung

Rabu, 14 Agustus 2019

Sungai Raya - Pasca terjadinya angin puting beliung yang menerjang puluhan rumah warga di Desa Ampera Raya Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Selasa sore (13/8/2019). Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H bersama Camat Sungai Ambawang Satuki dan Kepala BPBD Kubu Raya Mohtar meninjau langsung ke lokasi terjadinya angin puting beliung Rabu pagi (14/8/2019).

Berdasarkan pantauan RRI Pontianak di lapangan, sejumlah warga sekitar sudah mulai memperbaiki kerusakan ruko yang terletak tepat di tepi jalan Ampera Raya. Kondisi ini menjadi perhatian warga yang melintasi jalan tersebut, spontan situasi ini mengalami kemacetan sekitar 200 meter. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, warga sekitar menutup akses masuk ke komplek perumahan Arafah Residence menggunakan kayu dan seng dengan pengawalan puluhan aparat kepolisian dari Polsek Sungai Ambawang yang di back up dari 90 anggota Shabara Polda Kalbar.

Selain memporak porandakan puluhan atap rumah warga  di Komplek Arafah Residence, terjangan angin puting beliung juga merusak fasilitas umum seperti Posyandu Anggrek dan Musholah Al-Lukman di Perum 4 Desa Ampera Raya yang posisinya tepat di samping komplek Arafah Residence, bahkan di lokasi ini ada beberapa bangunan rumah yang sudah rata dengan tanah.

Sementara itu di jalan Mendalam Dusun 2 Perumnas 4 Desa Ampera Raya, tampak puluhan anggota Polri dari Sabhara Polda Kalbar juga ikut membantu membereskan sisa reruntuhan rumah warga, Posyandu Anggrek dan Mushallah Al-Lukman yang atapnya disapu angin puting beliung.

Saat tiba di lokasi, Bupati Muda beserta rombongan melihat kondisi perumahan warga, Mushollah Al-Lukman dan Posyandu Anggrek yang hancur atapnya terbang di sapu angin puting beliung. Bupati Muda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan segera memberikan bantuan kepada rumah warga yang mengalami kerusakan, baik yang rusak berat, sedang maupun ringan.

“Kita akan mendata terlebih dahulu jumlah rumah yang mengalami kerusakan, karena KTP dan KK nya nanti akan dikumpulkan dan akan dilihat satu persatu, mengingat kerusakannya berbeda-beda. Tapi mayoritas kerusakan ada pada atap rumahnya yang terbang. Khusus untuk kerusakan di Mushallah Al-Lukman dan Posyandu Anggrek, saya sudah minta langsung agar hari ini segera diperbaiki atapnya karena ini rumah ibadah dan fasilitas umum tentunya lebih darurat untuk secepatnya diperbaiki,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H. di lokasi.

Bupati menambahkan, terkait rumah warga yang rusak sambil menunggu perbaikan dari warga yang dibantu aparat kepolisian ini akan diberikan bantuan berupa matreal bangunan yang sudah di data melalui Dinas Sosial. Sifatnya berbentuk partisipasi dari Pemkab Kubu Raya.

“Untuk bantuannya memang lebih baik dalam bantuk barang (material) namun jika memang sudah terlambat akan diberikan bantuan berupa uang. Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada korban jiwa dari warga yang terdampak dari terjangan angin puting beliung ini dan semua ini akan kita bantu melalui anggaran stimulan tanggap darurat. Bantuan ini diberikan sesuai dengan tingkat kerusakan dari rumah warga ini,” tuturnya.

Sementara itu seorang warga Perumnas IV yang sebagian atapnya melayang disapu angin puting beliung Ngatiman mengatakan, jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat masibah ini terdapat sekitar 170-an sampai 200 rumah yang tersebar di 3 Komplek perumahan di Desa Ampera Raya ini diantaranya Perumnas IV, Komplek Arafah Residence dan Komplek Mega Mas. 

“Selain merusak puluhan rumah warga, angin puting beliung ini juga merusak fasilitas pendidikan SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Sungai Ambawang,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kubu Raya Daerah Pemilihan (Dapil) Sungai Ambawang dan Kuala Mandor B ini menambahkan, terjangan angin puting beliung ini juga membuat ke 3 Komplek perumahan di Sungai Ambawang ini mengalami pemadaman listrik sejak Selasa sore kemarin. Pemadaman listrik ini memang sengaja dilakukan pada Selasa sore kemarin, mengingat kondisi kabel listrik yang sudah berserakan. Tantunya langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sampai saat ini sebagian listrik perumahan warga sudah mulai menyala dan ada juga perumahan warga yang belum menyala seperti di jalur- jalur tertentu seperti di jalan Mendalam, Komplek Arafah Residence dan sebagian di Komplek Mega Mas. Pihak PLN juga dari kemarin sudah datang untuk mengkroscek dan rencananya pada hari ini pihak PLN juga akan kembali datang untuk memperbaiki instalasi listrik yang rusak dan kurang bagus,” jelas Legestor Partai Golkar ini.

Sebelumnya Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H juga telah menginstruksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melakukan pendataan di lokasi kejadian setelah beberapa menit terjadinya angin puting beliung Selasa sore kemarin.

Sementara itu pada waktu bersamaan Kementrian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan kepada korban terjangan angin puting beliung, berupa makanan siap saji, beras dan peralatan masak yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Kubu Raya yang kemudian diserahkan kepada Kepala Desa Ampera Raya.

Hingga berita ini diturunkan, aparat kepolisian dari Polsek Sungai Ambawang yang di back-up Sahabara Polda Kalbar masih melakukan patroli dan membantu warga yang rumahnya mangalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung dengan membersihkan puing-puing matreal bangunan yang bersekan di sekitar Perumnas IV ini.

LINK VIDEO



=========================

SUMBER