Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H 1.9.2019 08:00 12 Hari

Dubes Kanada Joget Bersama Muda-Jiwo

Kamis, 18 Juli 2019

Sungai Raya - Puncak Peringatan HUT ke-12 Kabupaten Kubu Raya di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya pada hari  Rabu (17/7/2019) berlangsung khidmat sekaligus meriah. Diikuti seluruh peserta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, demonstrasi Tari Harmoni dan Joget Pesona Kubu Raya secara massal usai upacara mampu menyemarakkan suasana. Kehadiran Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Peter MacArthur, dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menjadi magnet tersendiri. Keduanya ikut menari dan berjoget bersama Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Sujiwo, dan Sekretaris Daerah Yusran Anizam beserta istri.

“Momen ulang tahun ke-12 Kabupaten Kubu Raya ini yang terpenting bagi kita adalah semoga ini menjadi refleksi, motivasi, dan inspirasi untuk kita sama-sama menggaungkan dan menancapkan lebih kokoh lagi di dalam hati sanubari dan pikiran terdalam kita untuk bekerja lebih sungguh-sungguh. Melakukan langkah-langkah untuk tetap mengawal Kabupaten Kubu Raya, masyarakatnya, dan generasinya agar bisa mewujudkan apa yang kita impikan yaitu Kubu Raya yang bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius,” kata Bupati Muda Mahendrawan pada acara ramah tamah seusai upacara.

Muda mengatakan berbagai pencapaian yang telah ada harus disyukuri. Sembari memperbaiki apa-apa yang belum sempurna. Menurutnya, yang terpenting adalah tidak berjalan di tempat. Ia menyebut Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat komit pada pelayanan publik.

“Dari dulu kita tegaskan bahwa di Kabupaten Kubu Raya yang menjadi panglimanya adalah pelayanan publik. Ini adalah tujuan besar kita yaitu kita upayakan agar pelayanan publik kepada masyarakat termasuk kebijakan-kebijakan akan langsung menyentuh dan ada ukuran-ukuran untuk lebih baik lagi. Seperti peningkatan indeks pembangunan manusia, ukuran keamanan, kenyamanan, dan juga sektor-sektor ekonomi masyarakat harus kita perkuat terus,” tuturnya.

Muda menegaskan, kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sujiwo akan fokus pada upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Di antaranya mengejar sistem pendidikan, kesehatan, dan hak-hak dasar masyarakat lainnya. Termasuk infrastruktur yang bermanfaat dan mengarah pada hal-hal yang punya nilai tambah pada ekonomi kerakyatan. Termasuk di sektor pelayanan publik terkait perizinan-perizinan maupun urusan-urusan birokrasi.
“Nah, reformasi birokrasi tentu harus kita perkuat dan lakukan dengan seimbang. Termasuk juga dalam konteks bagaimana kita menghilangkan banyak hambatan yang tidak perlu di dalam proses-proses perizinan yang ada untuk investasi di masyarakat dari pelaku usaha. Agar bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan dengan lebih cepat lagi,” paparnya.

Sebelumnya, pada Upacara Peringatan HUT ke-12 Kabupaten Kubu Raya di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengingatkan Bupati Muda Mahendrawan untuk membenahi infrastruktur pemerintahan.

“Setiap tahun upayakan bisa membangun kantor pemerintahan,” ujar Sutarmidji.

Sutarmidji juga memberi masukan kepada Bupati Muda agar mempercepat pertumbuhan kawasan dengan cara melakukan pembangunan kantor pemerintahan tidak hanya di dalam satu kompleks.

“Tapi tempatkanlah di tempat-tempat yang bisa memicu pertumbuhan kawasan itu,” ucap Sutarmidji.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Usman, mengapresiasi para penggagas dan pejuang pemekaran Kabupaten Kubu Raya. Menurut dia, hasil perjuangan tersebut kini telah dinikmati oleh seluruh masyarakat Kubu Raya. Usman juga memuji kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya yang dinilainya sarat prestasi. Baik di tingkat nasional, regional, dan lokal.

“Antara lain kita Alhamdulillah lima kali berturut-turut dapat Opini WTP. Mudah-mudahan opini ini diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kubu Raya. Alhamdulillah Kubu Raya juga termasuk pemekaran yang berhasil,” sebutnya.

Usman berharap apa yang menjadi cita-cita para tokoh pemekaran dapat terwujud. Karena, menurutnya, pemekaran tidak berguna jika tidak ada manfaat yang dirasakan masyarakat.

“Karena tidak ada manfaatnya kalau memang semakin hari rakyat kita semakin tidak merasakan manfaat dari proses pemekaran ini,” ujarnya.

Salah satu tokoh pemekaran Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Abdul Wahab, mengatakan pemekaran Kubu Raya terjadi dengan proses panjang melalui perjuangan banyak pihak. Karena itu, ia meminta masyarakat dan kepemimpinan daerah untuk bersama-sama menjaga amanah mengawal daerah.

“Saya berharap kepada semua pemangku kepentingan yang hari ini diberi kekuasaan mengurus Kubu Raya ini, jalankanlah amanah itu sebaik mungkin. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Jadi jalankan amanah itu karena bagaimanapun amanah itu akan dipertanggungjawabkan kepada Allah Taala yang Mahakuasa,” pesannya.

Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Peter MacArthur, mengucapkan selamat ulang tahun kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Dirinya mengapresiasi keberagaman Kubu Raya yang disebutnya luar biasa. Menurutnya, hal itu serupa dengan di Kanada.

“Kami juga memiliki keberagaman budaya. Di mana keberagaman ini membawa kesuksesan dalam bidang ekonomi, orang-orangnya lebih bahagia. Pendekatan multikultural selalu dilaksanakan di tempat kami. Selamat ulang tahun bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya,” ucapnya.

=========================

SUMBER