Lomba TTG 2019

Idul Adha 1440 H 11.8.2019 08:00 19 Hari

PKK Teluk Empening Targetkan Juara Nasional

Jum’at, 21 Juni 2019

Sungai Raya - Setelah sukses menjadi juara pertama lomba desa se-Kalimantan Barat tahun 2018, Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, berhasil masuk dalam nominasi lima besar nasional Lomba Tertib Administrasi dalam rangka 10 Program Pokok PKK. Menurut rencana, tim penilai pusat akan mendatangi Desa Teluk Empening pada Kamis (27/6/2019) mendatang untuk melakukan penilaian langsung di lapangan.

Terkait hal itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan bersama TP PKK Provinsi Kalimantan Barat mengunjungi Desa Teluk Empening untuk melakukan pembinaan persiapan menyambut kedatangan tim penilai pusat.

“Ini kejutan dan sangat membahagiakan karena memang persiapannya dilakukan dengan segala keterbatasan. Luar biasa, Alhamdulillah, kita ucapkan selamat dan terima kasih berkat kerja keras TP PKK desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi kita bisa mewakili Kalimantan Barat di tingkat nasional hingga masuk nominasi lima besar dan berpeluang juara,” kata Rosalina saat melakukan peninjauan di Sekretariat TP PKK Desa Teluk Empening, Kamis (20/6).
Meski sukses menembus lima besar, Rosalina meminta para kader PKK tidak lantas berpuas diri. Menurutnya, masih banyak hal yang harus dilakukan terkait kedatangan tim penilai dari pusat. Ia meminta para kader terus menjaga performa dan kinerja sehingga prestasi juara yang tinggal selangkah lagi dapat diraih.

“Tidak usah puas dulu. Kita lakukan yang terbaik dan maksimal yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Rosalina mengatakan kehadiran TP PKK Kabupaten dan TP PKK Provinsi di Desa Teluk Empening guna pembinaan persiapan menghadapi lomba. Pihaknya ingin mengetahui sejauh mana persiapan Teluk Empening menjalani penilaian tim pusat.

“Desa ini memang kita ikutkan dalam lomba tertib administrasi dan telah dikirimkan datanya ke tingkat nasional. Ternyata Alhamdulillah terpilih sampai lima besar se-Indonesia. Ini suatu kebanggaan. Tapi jangan sampai membuat kita kendor. Kami hadir untuk melakukan pembinaan. Jadi kalau ada hal-hal yang belum dimengerti dan kekurangan-kekurangan, itu bisa diperbaiki dengan sisa waktu yang ada,” tuturnya.

Menurut Rosalina, menghadapi penilaian oleh tim pusat, perlu dilakukan persiapan-persiapan maksimal. Keberhasilan Desa Teluk empening, menurutnya, akan mengharumkan nama daerah tidak saja Kubu Raya tapi juga Kalimantan Barat.

“Mudah-mudahan bisa mencapai prestasi terbaik dan membawa nama harum Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya,” harapnya.

Sekretaris TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Urai Titin Hiswari, bersyukur dengan lolosnya Desa Teluk Empening dalam tahap lima besar nasional lomba PKK. Ia menuturkan penilaian di kategori tertib administrasi nantinya akan menyasar pada Sekretariat PKK di desa bersangkutan. Tertib administrasi, terangnya, di antaranya berkaitan dengan ada tidaknya program kerja, pengagendaan surat-surat, ketersediaan papan data, keberadaan catatan kegiatan-kegiatan sesuai dengan program kerja, kelengkapan surat-surat keputusan, terobosan-terobosan yang dilakukan, keunggulan yang ada, dan keaktifan kader.

“Kita Alhamdulillah bisa lolos dari 34 provinsi se-Indonesia. Nah, itulah sekarang yang mesti dibina. Jadi kunjungan ini adalah untuk pembinaan ke lapangan menyongsong penilaian lomba tertib admisnistrasi yang akan dilakukan tim dari pusat,” jelasnya.

Pelaksana tugas Ketua TP PKK Desa Teluk Empening, Marni, mengaku siap menyambut kedatangan tim penilai pusat. Dirinya optimistis PKK Desa Teluk Empening mampu menampilkan performa terbaik di kategori tertib administrasi. Menurutnya, secara umum PKK desa telah memenuhi kriteria terkait kelengkapan dan ketertiban administrasi.

“Secara umum kita siap. Kalaupun masih ada yang harus dilengkapi, kami yakin dapat memenuhinya dengan sisa waktu yang ada. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan pembinaan yang dilakukan langsung ketua PKK kabupaten bersama sekretaris PKK provinsi. Ini sangat memotivasi seluruh pengurus dan kader di Desa Teluk Empening,” ucapnya.

=========================

SUMBER