Hari Buruh Internasional 1.5.2019 08:00 6 Hari
April 2019
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Luncurkan Car Free Day Kubu Raya

Senin, 8 April 2019

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Supadio Pontianak meluncurkan Car Free Day Kubu Raya di Taman Dirgantara, Kubu Raya, Minggu (7/4/2019).

Peluncuran dilakukan langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Turut hadir Wakil Bupati Sujiwo, Danlanud Supadio Marsekal Pertama Palito Sitorus, Kapolresta Pontianak Kota Komisaris Besar M. Anwar Nasir, Kajari Mempawah Antoni Setiawan, dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya.

Danlanud Supadio Palito Sitorus mengatakan Pemkab Kubu Raya bersama Pangkalan AU Supadio dan seluruh komponen masyarakat Kubu Raya saat ini mulai melaksanakan gerakan peduli lingkungan yang dikemas dalam program Car Free Day setiap hari Minggu pagi di areal Taman Dirgantara.

“Kegiatan Car Free Day ini merupakan salah satu program Pemkab Kubu Raya bersama Lanud Supadio sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bersama-sama masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas polusi kendaraan,” kata Palito.

Palito menambahkan kegiatan tersebut juga bertujuan memasyarakatkan olahraga, dan mewadahi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraannya, yang bermuara pada percepatan pembangunan daerah.

“Car Free Day ini bertujuan untuk mendukung dan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan dan menjaga lingkungan di sekitar,” katanya.

Menurutnya, Car Free Day juga dapat menjadi wadah untuk menyatukan segala perbedaan dan saling berkomunikasi sekaligus bersilaturahmi. Program Car Free Day juga bermanfaat untuk menyelamatkan bumi, seperti meningkatkan kualitas udara di sekitar, mengurangi polusi kendaraan, dan meningkatkan aktivitas fisik.

“Tanpa disadari program Car Free Day juga menciptakan perubahan persepsi bagi masyarakat terhadap kota tempat tinggal mereka yang ternyata masih bisa dinikmati,” tuturnya.

Palito mengatakan Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio dan Bandara Supadio merupakan tempat yang strategis. Lokasinya yang berada di Kubu Raya notabene merupakan pintu masuk Kalimantan Barat.

“Tentu Kubu Raya menjadi etalasenya. Untuk itulah kami bekerja sama dengan Pemkab Kubu Raya, kita ingin mengubah. Karena selama ini yang datang tidak pernah melihat apa-apa ketika mereka datang,” tuturnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan optimistis Car Free Day akan menggelora di Kubu Raya. Terlebih kegiatan peluncuran Car Free Day disambut dengan antusias oleh masyarakat Kubu Raya.

“Di Car Free Day ini ada nilai wisatanya, dapat menerapkan pola hidup sehat, dan silaturahmi. Dan berdampak juga pada ekonomi bagi UKM dan pelaku usaha lainnya,” ujar Muda.

Menurut Muda, jika Car Free Day terus digelorakan, maka akan menjadi peluang yang besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu Car Free Day juga dapat menjadi ajang perekat budaya.

“Karena nantinya akan ada berbagai kegiatan seperti senam tari yang menggambarkan lintas etnis di Kubu Raya. Tentunya event seperti ini akan kita kembangkan terus,” katanya.

Muda mengatakan Car Free Day merupakan gagasa dari Danlanud Supadio. Ide tersebut disambut Pemerintah Kabupaten Kubu Raya karena merupakan peluang bagi masyarakat dan memberikan multi efek yang cukup besar.

“Ke depannya kegiatan ini bisa tersedia ruang pelayanan publik,” kata Muda.

Kapolresta Pontianak Kota M. Anwar Nasir mengatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Car Free Day. Ia bahkan siap untuk melibatkan personel dalam pengaturan arus lalu lintas ketika Car Free Day berlangsung.

“Ke depannya kami akan membuka pelayanan SIM keliling, nanti kita atur antara Pontianak dan Kubu Raya, dan berbagai pelayanan bisa diterapkan di sini,” sebutnya.

Anwar menerangkan pada kegiatan Car Free Day pihaknya menerapkan pengalihan arus lalu lintas agar Car Free Day tetap berjalan dengan baik dan arus lalu lintas juga tidak terganggu.

=========================

SUMBER