Maulid Nabi Muhammad SAW 9.11.2019 08:00 18 Hari

Bupati & Wakil Bupati Sampaikan Visi-Misi

Kamis, 21 Februari 2019

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyampaikan Pidato Perdana penyampaian Visi dan Misi Pemerintahannya bersama dengan Sujiwo dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kubu Raya di Qubu Resort, 20 Februari 2019. Dalam kesempatan itu, Muda menekankan dalam program kerja yang akan diusung dalam lima tahun kedepan adalah bagaimana melakukan percepatan-percepatan di semua sektor.

“Saya dan saudara wakil Bupati telah merancang bangun, atau mengkonstruksikan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Kabupaten Kubu Raya tahun 2019-2024 yang bertumpu pada fondasi yang fundamental pada visi yang akan sama-sama kita wujudkan,” ujar Muda.

Dalam program kerja lima tahun kedepan Muda-Jiwo mengusung visi “Terwujudnya Kabupaten Kubu Raya yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Religius”. Dimana Bahagia dimaknai sebagai bentuk kepuasan, sikap optimis dan harapan masa depan masyarakat akan peningkatan derajat kesehatan dan pendidikan, ketersediaan pekerjaan yang memadai, pendapatan rumah tangga yang memadai, keharmonisan keluarga dan hubungan sosial, ketersediaan waktu luang, rumah dan aset yang layak, lingkungan hidup yang berkualitas serta keamanan yang kondusif.

Sedangkan Bermartabat, dimaknai sebagai harga diri masyarakat Kubu Raya yang ditandai dengan peningkatan kesejahteraan, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kehidupan sosial kebudayaan dengan berlandaskan pada kearifan lokal, kemandirian sumber daya manusia, serta jaminan keadilan akan hak dan kewajiban, politik dan pembangunan.

“Terdepan kita maksudkan bahwa Kabupaten Kubu Raya menjadi yang terdepan di Kalimantan Barat dalam hal tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta peningkatan inovasi, kreativitas dan kualitas masyarakat serta kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sementara berkualitas, kita ingin membawa Kubu Raya untuk terus meningkatkan prestasi baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dengan wujud lahirnya SDM yang unggul dan kompetitif,” jelas Muda.

Muda menerangkan unsur Religius dalam visi dan misi yang diusung selama lima tahun yang akan datang adalah bahwa dirinya ingin membawa Kubu Raya akan senantiasa mengembangkan karakter sumber daya manusi dengan senantiasa menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Muda mengatakan visi dan misi tersebut beranjak dari adanya indikasi ketidakpastian situasi ekonomi global dan siklus politik. Ketidakseimbangan ketersediaan tenaga kerja dengan kesempatan kerja, rendahnya kualitas SDM dan daya saing angkatan kerja, dan hal-hal lain yang berpengaruh secara signifikan terhadap taraf hidup masyarakat.

“Yang paling utama dan mendesak saat ini adalah bagaimana kita melakukan solusi dan resolusi terhadap percepatan-percepatan pembangunan di segala sektor. Sehingga ekonomi masyarakat, ekonomi keluarga dapat terus mengalami kemajuan dan peningkatan,” ujar Muda.

Muda mengatakan, hala-hal yang menjadi fokus utama dalam pemerintahannya adalah bagaimana memastikan layanan-layanan dasar masyarakat terpenuhi secara baik. Layanan dan akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dapat terpenuhi dengan baik dan merata di seluruh wilayah Kubu Raya. “Kita ingin proses dan kegiatan pembangunan yang langsung menyentuh kepada masyarakat di bawah,” kata Muda.

Dikatakannya, perlu dilakukan terobosan-terobosan strategis melalaui program-program yang lebih tepat sasaran. Dengan berbagai rancangan kebijakan dan regulasi yang tepat sehingga aktifitas pembangunan yang dilakukan dapat berdampak langsung pada masyarakat.

“Kita akan terus mengembangkan program-program pemberdayaan masyarakat, sehingga ada percepatan-percepatan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat secara langsung. Dengan secara serta merta kita akan memastikan layanan-layanan yang mendorong peningkatan PAD berjalan dengan baik,” terang Muda Usai menyampaikan Pidato Visi dan Misi di hadapan DPRD Kubu Raya.

=========================

SUMBER