Maulid Nabi Muhammad SAW 20.11.2018 08:00 59 Hari
September 2018
S M T W T F S
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 1 2 3 4 5 6

Bimtek BUMDes Upayakan Desa Lebih Sejahtera

Kamis, 6 September 2018

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya  Rusman Ali menegaskan Bimtek Pelatihan Pengelolaan BUMDes sebagai upaya pemerintah dalam peningkatan kemampuan SDM pengelola BUMDes ke depan lebih maju dan professional.

Rusman Ali juga menjelaskan, kehadiran BUMDes dapat menjadi sarana dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan perekonomian masyarakat di BUMDes.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas peserta mengenai pengelolaan BUMDes. Sehingga, BUMDes kedepan dapat menjadi mesin ungkit perekonomian pembangunan masyarakat dan Desa,” ungkap Bupati Kubu Raya Rusman Ali.

Target capaiannya nanti setelah dilakukan pelatihan ini diharapkan kemampuan teknis maupun pengetahuan mereka bisa lebih meningkat. “sehingga, pengelolaan BUMDes kedepan dapat lebih profesional,” jelas Rusman Ali.

Pembentukan dan pengelolaan BUMDes merupakan prioritas program Kementerian Desa, PDTT disamping program lainnya untuk memicu peningkatan ekonomi masyarakat dan Desa.

“Dalam manajemen kepengurusan, BUMDes terpisah dari pemerintahan DESA. BUMDes sebagai perusahaan yang dikelola masyarakat DESA bertujuan untuk menggali dan mengelola potensi DESA sebagai sumber pendapatan ekonomi DESA”, imbuh Rusman Ali.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nursyam Ibrahim, mengatakan kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan atas kerjasama Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, Lembaga Kajian Keuangan dan Kebijakan Pemerintah, serta Dinas Sosial Pemdes Kubu Raya.

Nursyam meminta agar para peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan pemahaman dalam membentuk dan mengelola BUMDes di Desa masing-masing. Dalam mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat  Desa dan Pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa.

Bimtek tersebut juga menghadirkan narasumber dari Kementrian Desa, PDTT Andre Ikhsan Lubis bagian Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Ditjen Pembanguan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes RI. DR. Conrita, Bagian Hukum dan Tata Laksana Ditjen Pembanguan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes RI. Lukmanul Hakim dari Kemendagri RI serta kepala Inspektorat Kubu Raya Gemuruh.

=========================

SUMBER