Idul Fitri 1439 H 15.6.2018 08:00
June 2018
S M T W T F S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Lomba Desa di Desa Teluk Empening

Kamis, 8 Maret 2018

Sungai Raya - Pelaksanaan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya, berlanjut ke Desa Teluk Empening di Kecamatan Terentang, Rabu (7/5). Dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindutrian, Nora Sari Arani mewakili Bupati Kubu Raya, Ketua Tim Pembina PKK dan wakil, serta tim penilai dari Kabupaten Kubu Raya.

Tim penilai merupakan gabungan dari beberapa unsur Dinas terkait, antara lain dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Koperasi, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, serta TP PKK dan tenaga ahli pendamping desa.

Lomba desa yang dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Kubu Raya ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan desa serta mengetahui tingkat kemajuan desa dari sisi administrasi, perkembangan ekonomi, dan pemenuhan kebutuhan layanan dasar masyarakat. Selain itu juga untuk  mengetahui sejauh mana partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan di desa. Bidang yang menjadi unsur penilaian antara lain di bidang pemerintahan desa, kewilayahan serta kemasyarakatan. Nantinya pemenang lomba desa di tingkat Kabupaten ini akan mewakili Kabupaten Kubu Raya dalam lomba desa di tingkat provinsi, dan seterusnya.

Desa Teluk Empening, desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.258 jiwa ini merupakan desa swadaya yang dibentuk pada bulan Juli 1963, saat ini dipimpin oleh Kepala Desa Mohammad Firdaus. Yang menarik dan menjadi kebanggaan dari desa ini adalah, Teluk Empening merupakan satu-satunya desa di Kubu Raya yang aktif dan inovatif dalam mengelola website desa. Sehingga pada HUT Kubu Raya tahun 2017 lalu, desa ini mendapatkan predikat Desa Internet Terinovatif.

Pemerintah Desa Teluk Empening, aktif menggunakan website desa untuk meningkatkan pelayanan informasi. Baik informasi tentang aktifitas desa, produk desa, serta memuat informasi-informasi penting seperti produk hukum terbaru.

Akses internet dan informasi memang sudah seharusnya meluas ke desa-desa untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga tak ada lagi ketimpangan informasi antara kota dan desa. Pemerintah Desa Teluk Empening terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi melaui website desa. Kedepan diharapkan lebih banyak warga yang dapat mengakses internet sebagai salah satu sumber informasi dan terlibat aktif dalam pembangunan desa.

=========================

SUMBER