Hari Raya Natal 25.12.2018 08:00 10 Hari
December 2018
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Forum RKPD Kubu Raya 2019

Senin, 5 Maret 2018

Sungai Raya - Setelah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (musrenbang) tingkat kecamatan di sembilan kecamatan, Pemerintah Kubu Raya menindaklanjuti melalui penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (1/3).

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat RKPD yang dilaksanakan selama 2 hari ( 1&2 Maret 2018) ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha, untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan RKPD. Hal ini menunjukan dalam pendekatan perencanaan menggunakan system perencanaan bawah atas (bottom-up planning) berdasarkan asas demokratis dan desentralisasi.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus menegaskan, kegiatan tersebut sangat penting. Karena melalui forum ini, semua perencanaan program pembangunan yang diusulkan pada musrenbang kecamatan  akan diselaraskan dengan rencana kerja SKPD. Perencanaan pembangunan daerah harus terstruktur dan sistematis, mempertimbangkan urgensi, efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan, karenanya dilaksanakan secara gabungan oleh beberapa Perangkat Daerah dibawah koordinasi BAPPEDA. Tujuannya antara lain untuk menyelaraskan usulan hasil musrenbang tingkat kecamatan dengan SKPD serta program antar SKPD, karena memiliki korelasi agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga saling mendukung.

“Forum ini jangan hanya dianggap seremoni, tetapi harus ada yang bermanfaat setelah kegiatan ini”, ujar Hermanus. Menurutnya, penyusunan RKPD merupakan bagian dari tahapan penyusunan program pembangunan di masing-masing stakeholder. Mulai dari musrenbang desa, musrenbang kecamatan, dan tak hanya itu pertemuan tersebut juga sekaligus untuk menyelaraskan pokok-pokok pikiran DPRD Kubu Raya melalui Komisi II. Karena itu, dalam pertemuan tersebut juga turut dihadiri oleh anggota DPRD Komisi II, yang diharapkan bisa memberikan masukan atau usulan program kegiatan.

Forum RKPD tidak terlepas dari pengalokasian anggaran. Karena itu, forum ini juga bertujuan untuk menyesuaikan anggaran yang dikucurkan kepada setiap SKPD. “Jadi perencanaannya tidak hanya dari bottom up, tapi juga top down. Tentunya program yang diusulkan dengan mengedepankan skala prioritas, sehingga anggaran yang dialokasikan kepada setiap SKPD tepat sasaran,” harapnya.

Hermanus berpendapat, hasil penyusunan RKPD akan menjadi dasar pembahasan Musrenbang tingkat kabupaten yang akan digelar pertengahan Maret ini. Kemudian dibawa ke Musrenbang tingkat provinsi hingga nasional.

=========================

SUMBER