Seleksi Terbuka 2018

Periode Pengumuman
7-22 Mei 2018

Periode Pendaftaran
23-25 Mei 2018
________________
Seleksi Terbuka untuk Jabatan :
1. Sekretaris Daerah
INFORMASI LENGKAP KLIK DISINI !

________________
Seleksi Terbuka untuk Jabatan :
1. Kepala Dinas Perhubungan
2. Kepala Satpol PP
3. Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM
4. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM pada Sekretariat Daerah
INFORMASI LENGKAP KLIK DISINI !

Hari Raya Waisak 2562 29.5.2018 08:00 2 Hari
May 2018
S M T W T F S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

91% Warga Kubu Raya Sudah Rekam e-KTP

Selasa, 9 Januari 2018

Sungai Raya - Sebanyak 91,13 persen Warga Kubu Raya Sudah Rekam e-KTP. Namun meskipun telah melakukan sejumlah langkah untuk mempercepat perekaman e-KTP namun hingga kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kubu Raya mencatat masih tersisa sekitar 8,87 persen warga yang belum melakukan perekaman e-KTP dengan berbagai alasan.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kubu Raya, Kamiluddin menerangkan,  hingga saat ini, jumlah wajib e-KTP di Kubu Raya sebanyak 427.871 namun yang sudah melakuan perekaman sekitar 91,13  persen atau sekitar 389.938 dan yang sudah dicetak sebanyak 359.622. “Artinya kami masih harus mengejar pencetakan e-KTP sekitar 30 ribuan lagi,” jelasnya.

Menurutnya dari semua jumlah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP sebagian besar berasal dari Kecamatan Sungai Kakap, Sungai Raya, Sungai Ambawang dan Rasau Jaya.

“Empat kecamatan ini setelah kami turun ke lapangan, memang banyak ditemukan belum membuat e-KTP, karena rerata hanya membeli rumah saja di Kubu Raya, namun masih enggan membuat surat pindah atau e-KTP di Kubu Raya,” jelasnya saat ditemui di sela-sela pelayanan administrasi kependudukan di Dukcapil Kubu Raya, Jumat (5/1) .

Menurutnya beberapa alasan yang membuat masih ada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP di Kubu Raya, lantaran hingga saat ini masih terdaftar sebagai warga Kota Pontianak, memiliki pekerjaan, dan anak-anak yang masih sekolah di Pontianak.

“Jadi yang kami temukan di lapangan, banyak warga yang hanya membeli rumah di wilayah Kubu Raya dan berbatasan langsung dengan Pontianak, tapi masih tidak mau mengganti identitasnya menjadi warga Kubu Raya, dengan sejumlah alasan, mulai dari anak-anaknya yang masih sekolah di Pontianak, masih bekerja dan memiliki warisan dan bekerja di Pontianak, makanya mereka masih enggan mengganti idenditasnya menjadi warga Kubu Raya,” terangnya.

Sejak awal, Disdukcapil Kubu Raya pun lanjutnya sudah memberikan sosialisasi bagi setiap masyarakat yang telah berdomisili di wilayah Kubu Raya untuk bisa mebuat identitas kependudukan di Kubu Raya. “Kalau dipikir secara logika, orang bertamu 2x24jam saja harus lapor RT, ini masaklah sudah memutuskan untuk membeli rumah di Kubu Raya, namun hingga sekarang tidak mau terdaftar jadi warga Kubu Raya,” terangnya.

Meski telah mengimbau, namun Disdukcapil Kubu Raya lanjutnya tidak bisa berbuat banyak untuk menyadarkan masyarakat untuk membuat identitas penduduk di Kubu Raya, apalagi hingga sekarang belum ada atauran pemerintah yang mengikat dan mempertegas setiap orang yang berdomisili dan menetap di Kubu Raya wajib membuat administrasi kependudukan dan menjadi bagian dari masyarakat Kubu Raya.

Selain empat kecamatan tersebut, untuk mepercepat perekaman e-KTP di wilayah pesisir, Disdukcpil Kubu Raya juga melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi langsung sejumlah desa untuk memberikan layanan perekaman e-KTP bagi masyarakat.

 “Untuk masyarakat pesisir itu yang menjadi kendala perekaman, karena sebagian besar banyak masyarakat yang melaut sehingga pihaknya harus memberikan waktu hingga tiga hari pelayanan untuk menunggu warga pesisir mengikuti perekaman e-KTP,” terangnya.

Pada tahun 2017 lalu, pihaknya sudah melakukan upaya jemput bola perekaman e-KTP di 37 desa yang tersebar di sembilan kecamatan Kubu Raya. Untuk mempercepat perekaman, tahun ini Disdukcapil Kubu Rayaa berencana kembali melakukan hal serupa dengan mendatangi langsung sejumlah daerah yang sulit dijangkau. Untuk perekamannya lanjut Kamiluddin selain di setiap kecamatan juga dilakukan langsung disetiap titik yang letaknya jauh dari pusat kota. Namun untuk mengambil e-KTP nya bisa langsung ke Disdukcapil.

“Sudah ada beberapa desa di kawasan pesisir yang kami petakan yang memang hingga kini masih belum banyak warganya yang melakukan perekaman e-KTP,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kubu Raya, Hamdan mengimbau setiap warga Kubu Raya memanfaatkan fasilitas kemudahan layanan e-KTP yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. “e-KTP itu penting, karena sebagai salah satu bukti tanda kependudukan dan digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Jadi, karena sudah diberikan kemudahan saya kembali mengimbau masyarakat yang belum memiiliki e-KTP untuk segera melakukan perekaman e-KTP,” ungkapnya.

=========================

SUMBER