HUT RI ke-72 tahun 2017 17.8.2017 08:00
August 2017
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

Kodim 1207/BS Imbau Masyarakat Antisipasi Karhutla

Senin, 31 Juli 2017

Sungai Raya - Mulai munculnya titik api di sejumlah titik Kalimantan Barat membuat Kasdim 1207/BS, Letkol Drody Agus mengimbau semua elemen masyarakat termasuk instansi terkait agar bekerja keras untuk mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini cukup besar untuk beberapa wilayah di Kalbar, terutama bagi kawasan yang banyak memiliki lahan gambut karenanya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini diperlukan sinergisitas semua pihak mulai dari memberikan sosialisasi, pencegahan dan penanganan,” kata Drody Agus kepada wartawan baru-baru ini.

Kodim 1207/BS sendiri lanjutnya selalu siap melibatkan semua personelnya untuk turut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Tidak hanya meningkatkan koordinasi lintas sektor kata Drody pihaknya juga memiliki tim terpadu yang terdiri dari anggota Babinsa, Babinkamtibmas, Manggala  Agni, kelompok masyarakat peduli api untuk terjun langsung ke lapangan secara rutin ke sejumlah titik yang berpotensi terjadi titik api.

Selain terlibat langsung untuk melakukan pemantauan potensi kerawanan terjadinya titik api, kata Drody di lapangan pihaknya juga turut memberikan  edukasi dan penyuluhan bagi masyarakat tentang bahaya Karhutla dan undang-undang yang mengaturnya. “Dengan adanya penyuluhan secara rutin ini kami harapkan ke dapan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak menghindari  membakar lahan sembarangan yang pada akhirnya mengakibatkan kebakaran seperti hutan dan lahan,” ungkapnya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan mendukung penuh upaya antisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan sejumlah pihak terkait. Untuk mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan laha Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sendiri lanjutnya  juga mempersiapkan personel di lapangan dan mengotimalkan koordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD provinsi, Manggala Agni, pemadan kebakaran, TNI/Polri dan kelompok masyarakat.

“Kubu Raya ini juga banyak memiliki lahan gambut, karenanya saya mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan masing-masing untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya, seraya juga mengimbau setiap instansi pemerintah di Kubu Raya untuk mengoptimalkan kesiapkesiagaan dalam menangani bencana kebakaran hutan dan lahan.

=========================

SUMBER