Hari Guru 25.11.2017 08:00 0 Hari
November 2017
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2

Empat Puskesmas Raih Akreditasi

Senin, 10 Juli 2017

Sungai Raya - Sebanyak empat Puskesmas di Kubu Raya belum lama ini telah mendapat sertifikat akreditasi dari tim independen Kementerian Kesehatan.

Sertifikat akreditasi ini diberikan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali kepada perwakilan setiap Puskesmas.

“Ada tiga Puskesmas yang menerima Sertifikat Akreditasi kategori Madya diantaranya Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya, Puskesmas Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya dan Puskesmas Kakap Kecamatan Sungai Kakap. Sedangkan untuk Puskesmas Lingga Kecamatan Sungai Ambawang berhasil menerima Sertifikat Akreditasi kategori Dasar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani, belum lama ini.

Sertifikat Akreditasi dari Kementerian Kesehatan, kata dia, memiliki kategori seperti Akreditasi Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

“Kami bersyukur saat ini sudah ada empat Puskesmas Kubu Raya  yang telah mendapatkan pengakuan dari Kementrian Kesehatan terkait keberhasilan dan pelayanan yang diberikan setiap Puskesmas tersebut kepada masyarakat,” ucap Berli.

Menurut Berli, untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi ini tidaklah mudah karena harus melalui serangkaian seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh Tim Independen dari Kementerian Kesehatan.

Berli menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga akan kembali mengajukan 8 Puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi, kemudian berikutnya juga mengajukan 8 Puskesmas untuk tahun 2018 mendatang. Sedangkan pada tahun 2016 yang lalu pihaknya mengajukan 4 Puskesmas untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi.

“Alhamdulillah, dari 4 Puskesmas yang kita ajukan pada tahun 2016 lalu semuanya mendapatkan Sertifikat Akreditasi dari berbagai kategori. Kita juga sudah mempersiapkan 16 Puskesmas yang akan kita ajukan pada tahun 2017 dan 2018 mendatang yang mana setiap tahunnya ada 8 Puskesmas yang akan diajukan. Kita berharap dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kubu Raya ini semuanya bisa mendapatkan Sertifikat Akreditasi”, harapnya.

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengaku bangga dengan capaian yang diraih 4 Puskesmas Kubu Raya belum lama ini. Adanya Sertifikat Akreditasi ini, hendaknya ke 4 Puskesmas tersebut bisa meningkatkan lagi pelayanannya kepada masayarakat.

Hermanus berharap dengan mengantongi Sertifikat Akreditasi, 4 Puskesmas di Kubu Raya bisa menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya dan semua petugasnya bisa terus berpacu untuk memaksimalkan kinerja dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan kian baiknya kualitas kinerja dan pelayanan yang diberikan bagi masyarakat, maka akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat dan Indeks Pembangunan Manusia di Kubu Raya,” paparnya.

=========================

SUMBER