Hari Raya Idul Fitri 1438 H 25.6.2017 08:00
July 2017
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Masih Ada Desa Belum Rampungkan RKPD

Senin, 10 Juli 2017

Sungai Raya - Masih adanya pihak desa yang belum merampungkan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPD), Perdes dan APBDes hingga saat ini membuat Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengaku khawatir.

“Batas terakhir pengucuran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) itu sekitar akhir Juli mendatang. Jika hingga penghujung Juli masih sebanyak 47 desa ini belum merampungkan semua persyaratan yang ditentukan untuk pengucuran ADD dan DD maka tidak menutup kemungkinan tidak bisa mendapatkan ADD dan DD tahap I,” kata Nursyam Ibrahim, Jumat (7/7).

Menurutnya, untuk Alokasi Dana Desa karena bersumber dari APBD kemungkinan masih bisa diberikan dispensasi mengingat koordinasi dengan pihak eksekutif bisa lebih mudah dilakukan. Namun untuk Dana Desa karena bersumber dari APBN, lantaran sudah ada batas akhir dan ketentuan dari pemerintah pusat, maka semua desa harus merampungkan semua persyaratan untuk pengucuran dana desa sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

Nursyam kembali menerangkan Perampungan RKPD, Perdes dan APBDes merupakan syarat utama untuk pengucuran dana desa dan alokasi dana desa. “Jika syarat ini tidak dipenuhi kami belum bisa mengucurkan dana desa dan alokasi dana desanya. Syukurnya sudah ada 71 desa yang berkasnya sudah dalam perbaikan dan 53 desa kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat sudah bisa dicairkan Alokasi Dana Desa dan Dana Desanya,” jelasnya.

Bagi setiap desa yang saat ini pergerakannya masih lamban untuk melakukan perampungan dan perbaikan RKPD, Perdes dan APBDes, Nursyam mengimbau untuk bisa lebih gencar melakukan konsultasi ke Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya.

“Sudah saya informasikan sejak awal, untuk mempercepat penyaluran dana desa dan alokasi dana desa kami dari Dinas Sosial Pembedayaan Masyarakat dan Desa siap memberikan pendampingan bagi setiap desa yang belum merampungkan syarat utama pencairan dana desa dan alokasi dana desanya. Jadi saya harap bagi desa yang pergerakannya masih lamban untuk berupaya keras mempercepat merampungkan dan memenuhi semua syarat yang telah ditentukan,” paparnya.

Mengacu pada batas waktu yang diberikan pemerintah pusat kata Nursyam, jika semua tahapan telah dilakukan diperkirakan Juli, RKPD dan APBDes bisa selesai dan kemudian proses pencairan anggaran desa bisa dilakukan. “Jika pencairan alokasi dana desa dan dana desa tahap I semuanya sudah selesai dilakukan, maka setiap pemerintahan desa di Kubu Raya sudah bisa langsung meyiapkan semua persyaratan untuk pencairan tahap dua,” ujarnya.

=========================

SUMBER