Hari Pangan Sedunia 16.10.2017 08:00
October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Kubu Raya Rencanakan Bangun Dua Pasar Rakyat

Kamis, 9 Maret 2017

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali akan membangun pasar rakyat di Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Rasau Jaya.

“Dengan dibangunnya dua pasar rakyat ini, diharapkan bisa memberikan tempat berjualan yang lebih baik bagi para pedagang di Kubu Raya,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali kepada media.

Pembangunan dua pasar ini sendiri lanjutnya secara bertahap. Untuk Kecamatan Sungai Raya, rencana pembangunan pasar akan dipusatkan di kawasan Jalan Parit Haji Muksin dengan pagu anggaran sementara sekitar Rp2miliar, sedangkan di Kecamatan Rasau Jaya akan dipusatkan di Desa Rasau Jaya I dengan pagu anggaran sekitar Rp600 juta.

“Untuk proses pembangunan akan kami lakukan secepatnya, jika proses lelang sudah berjalan lancar, maka pembangunan akan segera dilakukan pada tahun 2017 ini,” jelasnya.

Saat ditanya soal pihak mana saja yang bisa menempati pasar rakyat, kata Rusman Ali, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tentunya akan mengutamakan pedagang yang berasal dari Kubu Raya.

Pemerintah daerah setempat sendiri lanjutnya akan melibatkan pihak pengelola pasar yang dibentuk pihak kecamatan untuk menentukan para pedagang yang bisa menempati pasar rakyat. “Saya harap dengan adanya penambahan pasar ini, memberikan kenyamanan bagi para pedagang agar bisa berjualan dengan lebih tertib,”ungkapnya.

Staf Teknis Bidang Perdagangan Pembangunan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kubu Raya, Budi Syarizal usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Bupati Kubu Raya menambahkan khusus untuk pasar rakyat di Kecamatan Sungai Raya ini direncakan menjadi cikal bakal pasar induk di Kubu Raya. “Namun karena kucuran anggarannya terbatas pembangunannya akan dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Untuk tahap awal, kata Budi, pemerintah daerah setempat hanya akan melakukan pembangunan atap, kios atau los dan selanjutnya akan dilakukan pembangunan tambahan seperti kantor pengelola pasar, mushola, toilet dan sejenisnya.

Mengenai jumlah lapak yang akan dibangun, kata Budi saat ini direncanakan untuk pasar rakyat di Parit Haji Muksin direncanakan akan dibangun sekitar 100 kios, sedangkan di Desa Rasau Jaya I direncanakan akan dibangun sekitar 48 lapak dan 8 unit kios. “Total pembangunan kios atau lapak ini masih dalam perencanaan, yang nantinya akan kami kembali lakukan penyesuaian dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pemerintah Kabupaten Kubu Raya,”ungkapnya.

Secara terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kubu Raya, Utin Nurvita mengapresiasi rencana Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk membangun pasar rakyat di Kubu Raya.

Utin mengaku berdasarkan informasi didapat hingga sekarang, masih banyak pedagang Kubu Raya yang belum mendapat tempat berjualan yang representatif. “Saya harap dengan dibangunnya dua pasar ini bisa membantu pedagang Kubu Raya untuk mendapatkan tempat berjualan yang lebih strategis,” ungkapnya.

Menurutnya, jika anggarannya dialokasikan, maka proses pembangunan pasar bisa segera dilakukan. “Kalau memang anggarannya sudah ada, pembangunannya saya harap bisa segera dilakukan,” imbuhnya.


=========================

SUMBER