Terminal ALBN Siap Beroperasi Agustus 2013

 

 

 

Kubu Raya – Sejak 2002, Pembangunan terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) di Kecamatan Sungai Ambawang telah dilakukan. Saat ini terminal tersebut dinilai sudah dapat dioperasikan, hanya saja terdapat beberapa kekurangan fasilitas pendukung yang perlu dilengkapi seperti air bersih, listrik dan rambu-rambu, demikian diungkapkan Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Amin Royat.

Amin memprediksikan terminal ALBN itu baru akan beroperasional penuh pada Agustus mendatang. Ia menjelaskan pembangunan terminal ALBN dilakukan secara multiyears dengan dana sharing dari pusat sebesar Rp.78 Miliar dan daerah sebesar Rp.19 Miliar. “Kalau terminal itu sudah secara penuh dapat dioperasikan tentu diharapkan masyarakat yang datang dari luar kabupaten / kota lain di Kalbar dapat menggunakan terminal tersebut,” katanya, Selasa (29/1).

Menurut Amin, terminal ALBN di Sungai Ambawang tersebut selain melayani bus antar negara (Pontianak-Kuching), juga melayani bus jurusan Sintang, Sanggau, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi dan Ketapang. Sementara itu terminal bus di Batulayang akan digunakan untuk bus tujuan kawasan Pantai Utara.

Amin menuturkan, terminal tersebut memiliki halte terminal untuk angkutan kota atau desa beserta ruang kedatangan dan keberangkatannya. Terdapat juga gedung untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), beserta ruang kedatangan dan keberangkatannya. “Penumpang juga dapat memanfaatkan musholla, klinik, lokakarya, toilet, menara air, kolam ikan dan loker yang akan disediakan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Amin, terdapat pula ruang untuk mesin generator set, gudang, ruang imigrasi, pos retribusi, traffic control, area parkir kendaraan pribadi, angkutan ALBN, AKAP, AKDP, angkutan kota serta bus kota.