Maulid Nabi Muhammad SAW 9.11.2019 08:00 17 Hari

Logo MTQ XXVI Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016

 

 

Logo MTQ XXVI Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016 di Kabupaten Kubu Raya dibuat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kubu Raya Nomor : 352/SETDA/2015 tentang Panitia Lomba Logo MTQ XXVI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Kubu Raya dan hasil sayembara panitia nomor: 02/PAN-LOGO MTQ/XXVI/XI/2015, dengan makna sebagai berikut :

  • BINTANG SEGI DELAPAN berwarna hijau dan kuning melambangkan delapan penjuru mata angin, menunjukkan bahwa syiar Islam melingkupi seluruh penjuru untuk penyebaran nilai-nilai Islami dari semua arah dengan kedamaian.
  • BUNGA MANGROVE berjumlah 9 helai melambangkan Kabupaten Kubu Raya yang terdiri dari 9 Kecamatan, sedangkan warna hijau melambangkan kesuburan. Bunga mangrove juga merupakan ciri Kubu Raya dikarenakan Kubu Raya merupakan daerah perairan dan pesisir yang banyak ditumbuhi tanaman Mangrove sebagai penahan dari abrasi.
  • BENTENG berwarna Jingga dengan puncak benteng berjumlah 5 melambangkan Rukun Islam, yaitu Mengucapkan dua kalimat Syahadat; Shalat lima waktu; Zakat; Berpuasa; dan Menunaikan Haji. Benteng juga menunjukkan bahwa Kubu Raya sebagai pintu gerbang Provinsi Kalimantan Barat.
  • KUBAH MASJID dengan guratan berwarna Hijau, Kuning dan Merah berjumlah 6 guratan dipersepsikan sebagai masjid dengan ditandai dengan bulan sabit dan bintang. Kubah masjid dengan 6 guratan melambangkan Rukun Iman, yaitu Iman kepada Allah; Iman Kepada Malaikat Allah; Iman kepada Kitab-kitab Allah; Iman kepada Rasul-rasul Allah; Iman kepada hari kiamat; dan Iman kepada Qada dan Qadar. Sedangkan ketiga warna tersebut mencerminkan keagamaan, derajat, serta keberanian.
  • AL QUR’AN berada di tengah, melambangkan inti dari semua kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan sebagai pedoman hidup Umat Islam untuk menjalani kehidupan di dunia dan akhirat. Sedangkan warna kuning pada kitab Al Qur’an melambangkan kedamaian.
  • Tulisan MTQ XXVI berwarna biru,  menunjukkan bahwa Kabupaten Kubu Raya yang terdiri perairan melambangkan jalur komunikasi, kepercayaan dan keharmonisan.
  • Tulisan MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN berwarna merah menunjukkan keberanian, perjuangan dan pencapaian tujuan.
  • Tulisan PROVINSI KALIMANTAN BARAT dan KABUPATEN KUBU RAYA 2016 berwarna hitam yang melambangkan penegasan dan kekuatan, yang menunjukkan bahwa event MTQ ke-26 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di adakan di Kabupaten Kubu Raya tahun 2016.